Xiaomi kembangkan chip mandiri untuk tingkatkan visual hingga baterai

Jakarta (ANTARA) – Xiaomi dikabarkan tengah mengembangkan secara mandiri chip besutannya untuk membawa keunggulan peningkatan visual, komunikasi, hingga performa baterai.

Chip itu bakal dikenalkan sebagai sebuah rangkaian dan nantinya akan diboyong ke ponsel flagship generasi terbaru Xiaomi.

Dalam laporan Gizmochina, Rabu (31/1), chip-chip itu akan diperkenalkan dengan nama Imaging Chip Surge C4, Charging Chip Surge P3, Battery Management Chip Surge G3, dan Communication Chip Surge “xx”.

Baca juga: Xiaomi ungkap tantangan dan strategi hadapi krisis chip

Kabar tersebut pertama kali diungkap oleh pembocor teknologi Digital Chat Station yang menyebutkan perusahaan teknologi tersebut melakukan perluasan di segmen chip yang dikembangkan sendiri.

Chip-chip tersebut dikembangkan dan diklaim dapat meningkatkan performa dari sisi pencitraan gambar, mempercepat pengisian daya cepat, mengoptimalkan baterai, dan komunikasi.

Spekulasi menunjukkan bahwa chip ini kemungkinan akan diintegrasikan ke dalam produk andalan Xiaomi yang akan datang.

Jika mengingat peta jalannya, dalam waktu dekat Xiaomi bersiap meluncurkan ponsel kelas atasnya yaitu Xiaomi 14 Ultra yang besar kemungkinan dirilis pada bulan depan.

Meski begitu, chip baru ini bisa saja muncul pada seri Xiaomi 15 yang kabarnya akan diproduksi massal pada September 2024.

Meskipun tidak banyak yang diketahui tentang smartphone seri Xiaomi 15, besar kemungkinan ponsel itu akan hadir dengan chip Snapdragon 8 Gen 4.

Baca juga: Redmi 13C 5G meluncur dengan chip baru dan kamera utama 50 MP

Di samping itu, bocoran sebelumnya juga menyebutkan bahwa model Pro dapat menampilkan bezel yang lebih tipis, dengan panel layar LTPO 2K dan refresh rate 120Hz yang menawarkan visual cerah dan dapat menghemat masa pakai baterai hingga 15-20 persen.

Jika chip manajemen baterai baru terbukti efektif dalam menghemat daya, kombinasi ini berpotensi meningkatkan screen-on-time perangkat secara signifikan.

Di sisi lain, untuk Xiaomi 14 Ultra yang direncanakan hadir dalam waktu dekat dikabarkan akan dibekali chipset Snapdragon 8 Gen 3 dan menampilkan layar OLED bertepi melengkung dengan resolusi 2K.

Perangkat ini mungkin menggunakan pengaturan quad-camera, menampung empat lensa 50MP, termasuk kamera utama Sony LYT-900 50MP dengan modul kamera bermerek Leica.

Dari sisi daya, perangkat ini ditenagai oleh baterai 5180 mAh yang cukup besar mendukung kemampuan pengisian cepat dengan kabel 90W dan nirkabel 80W.

Baca juga: Qualcomm keluarkan chip terbaru untuk ponsel premium

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024