Tips memotret konser musik gunakan Samsung Galaxy S24 Ultra

Jakarta (ANTARA) – Fotografer Anton Suseno membagikan tips memotret konser musik menggunakan ponsel pintar Samsung Galaxy S24 Ultra.

Dalam sebuah konser musik, mengabadikan momen megahnya panggung dan keseruan jalannya pertunjukan membutuhkan ketelitian dan kepekaan.

Anton mengatakan pentingnya menentukan objek yang akan dibidik untuk mendapatkan tangkapan gambar yang optimal. 

“Pertama kita harus tahu apa yang mau kita foto,” ujar Anton di Jakarta, Senin. 

Baca juga: Tips memotret konser menggunakan kamera ponsel

Anton menuturkan, sebelum mulai memotret, pastikan lensa kamera dalam keadaan bersih. Lap atau bersihkan lensa agar tidak ada jejak tangan atau keringat yang mengganggu kualitas foto.

Setelah itu, bidik objek yang akan diabadikan. Perhatikan pula cahaya lampu di panggung. Cahaya unik yang ditembakkan lampu LED dapat menambah keindahan visual foto konser.

Selanjutnya, manfaatkan keunggulan lensa zoom pada Samsung Galaxy S24 Ultra. Gunakan zoom berdasarkan tujuan foto. Jika ingin mengambil atmosfer konser, gunakan satu hingga tiga kali zoom agar keseluruhan suasana konser dan panggung dapat tercakup dengan baik.

Baca juga: Tips foto kamera ponsel untuk hasil terbaik

Jika ingin fokus pada detail, seperti aksi panggung penyanyi atau personel band, gunakan 10, 30, atau 50 kali zoom, tergantung jarak menonton dengan panggung. 

Anton mengatakan, pengenalan objek yang akan diambil sangat berpengaruh pada pengaturan zoom yang digunakan. Terakhir, gunakan teknik zoom yang tepat.

“Kunci exposure sampai ada warna kuning.Tangan jangan goyang, jadi harus steady. Tahan napas beberapa detik agar gambar tidak goyang,” kata Anton.

Baca juga: Tiga fotografer berbagi tips memotret sepeda motor

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024