Tim Indonesia untuk Asian Games 2022 Hangzhou resmi dikukuhkan

Jakarta (ANTARA) – Tim Indonesia untuk Asian Games 2022 Hangzhou resmi dikukuhkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI) Dito Ariotedjo, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari, serta Chef de Mission (CdM) Indonesia di Asian Games 2022 Hangzhou Basuki Hadimuljono di Jakarta, Selasa.

“Ini merupakan komposisi terbaik untuk dikirimkan menuju Asian Games 2022 Hangzhou. Saya ingin mengingatkan, bahwa harapan tanpa kedisiplinan membuat keinginan tak jadi kenyataan. Fokus kejar emas, jangan menyerah sampai menggapainya,” kata Dito.

Acara pengukuhan tersebut turut dihadiri perwakilan dari cabang-cabang olahraga yang bakal berkompetisi di Asian Games edisi ke-19 sekaligus salah satu ajang perebutan poin menuju Olimpiade 2024 Paris.

Cabang-cabang olahraga yang mewakili Indonesia di Asian Games 2022 Hangzhou adalah akuatik, anggar, atletik, angkat besi, bola basket, bulu tangkis, bridge, catur, esports, gulat, jujitsu, karate, dan kurash, menembak, balap sepeda, sport cycling, perahu naga (dragon boat), taekwondo, tenis, triathlon, soft tennis, sepak takraw, dan wushu.

Terdapat sebanyak 413 atlet yang dikirimkan ke Asian Games kali ini. Adapun untuk target medali pada Asian Games 2022, Indonesia memasang target 12 medali emas dan kontingen Indonesia diharapkan dapat menduduki posisi 12 besar.

Target tersebut jauh di bawah prestasi Indonesia ketika menjadi tuan rumah Asian Games pada 2018 yang saat itu berada di peringkat empat dengan mengoleksi 31 medali emas, 24 perak, dan 42 perunggu. Penurunan target tersebut terjadi karena tidak dipertandingkannya sejumlah cabang unggulan kontingen Merah Putih di Hangzhou,  seperti cabang pencak silat.

Kontingen Merah Putih pada Selasa mengawali perjuangan dalam ajang Asian Games 2022 Hangzhou lewat sejumlah pertandingan di cabang kriket, bola voli pantai, bola voli putra, dan sepak bola putra.

“Kita semua berdoa agar Indonesia bisa mencapai target dan bisa berjaya di Asian Games 2022 Hangzhou,” kata CdM Basuki.

Baca juga: Kriket hingga sepak bola awali perjuangan Indonesia di Asian Games
Baca juga: Ujian perdana timnas U-24 tanpa Ramadhan Sananta saat lawan Kirgistan
Baca juga: Pusat Media Utama Asian Games Hangzhou mulai resmi beroperasi
Baca juga: Kampung Atlet Asian Games Hangzhou janjikan akomodasi yang nyaman
Baca juga: Percasi lepas tujuh atlet untuk ajang Asian Games 2022

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2023