TikTok ajak warga sebarkan kebaikan lewat kampanye #SerunyaBerbagi

Jakarta (ANTARA) – Platform digital TikTok mengajak seluruh warga Indonesia untuk menyebarkan kebaikan di bulan Ramadhan tahun ini melalui sebuah kampanye bertajuk #SerunyaBerbagi yang dilaksanakan mulai 9 Maret hingga 15 April mendatang.

“Dari data kami 80 persen pengguna suka pergi ke TikTok untuk nonton hiburan itu pertama, insight kedua adalah 83 persen masuk ke aplikasi untuk mencari inspirasi misal kayak nonton tips kesehatan, berbagai tips DIY, kemudian satu dari dua pengguna mengatakan akan ke TikTok pada saat merayakan Lebaran 2024,” kata Head of Communications TikTok Indonesia Anggini Setiawan dalam temu media di Jakarta, Selasa.

Anggini menuturkan kampanye tersebut terinspirasi dari semangat komunitas TikTok yang terus berbagi inspirasi dan hiburan di platform tersebut, mulai dari resep berbuka puasa, kiat memilih baju Lebaran, tempat menarik untuk ngabuburit bersama teman, hingga momen silaturahmi bersama keluarga.

Baca juga: TikTok hapus puluhan ribu video berisi informasi keliru
 

Maka dari itu, guna mendukung para pengguna mencari inspirasi Ramadhan melalui video singkat dan siaran langsungnya (live), TikTok menghadirkan sejumlah fitur dan kegiatan seru untuk menemani masyarakat menjalani ibadah puasa dengan seru dan penuh kebahagiaan.

Salah satu fitur yang disediakan yakni stiker donasi yang dapat disematkan oleh kreator di video, siaran live, dan laman profil ini mengajak pengguna untuk berdonasi ke lembaga non-profit tepercaya yang bekerja sama dengan TikTok.

“Donasi pengguna nantinya akan difasilitasi langsung oleh platform pemberian amal global, Percent, kepada sejumlah lembaga non-profit terkemuka di Indonesia. Kreator dan pengguna bisa memilih lembaga dan program pemberdayaan mana yang ingin mereka dukung, mulai dari pendidikan, UMKM, lingkungan, hingga penanganan masalah pangan,” ujarnya. 

Baca juga: Tokopedia dan TikTok gelar kampanye Ramadan Ekstra Seru
 

Sedangkan untuk kegiatan seru yang diselenggarakan adalah “Berkreasi Sambil Berbagi Bersama Kreator TikTok”. Para kreator meluncurkan berbagai inisiatif untuk berbagi kebahagiaan lewat cara yang unik, mulai dari memberikan potong rambut gratis bagi orang yang membutuhkan hingga berbagi inspirasi dalam menciptakan karya seni dengan mengolah kembali barang bekas menjadi hampers Lebaran. 

Kemudian TikTok juga menyelenggarakan kegiatan bernama “Serunya Dapat THR dari Kreativitas Ramadhan” untuk kreator dan pengguna, challange ini mengajak komunitas TikTok untuk menyebarkan keceriaan dan inspirasi melalui video hiburan yang lucu dan kreatif, kisah inspiratif tentang berbagi kebaikan, resep dan tips kuliner khas Ramadhan, hingga video fesyen dan dekorasi bernuansa Ramadhan.

Bagi pengguna yang berminat dapat membuat setidaknya dua video berdurasi satu menit atau menggunakan fitur photo-mode sesuai kategori yang dipilih, kemudian mengunggahnya ke TikTok dengan menyertakan tagar #SerunyaBerbagi.

Baca juga: Tiga kiat agar Ramadhan tetap bugar dan seru
 

Kegiatan lainnya yakni berbagi keseruan untuk ngabuburit lewat sajian hiburan melalui TikTokTainment Hub untuk menemani pengguna mencari berbagai rekomendasi film, serial, serta tontonan seru lainnya dari berbagai genre untuk menjadi referensi tontonan bersama keluarga.

Pengguna juga dapat menemukan tren musik yang sedang trending serta video-video lucu yang dapat dinikmati bersama teman dan keluarga.

“Kami harap semangat berbagi kebaikan ini tidak hanya dapat disalurkan lewat konten video singkat, tapi juga lewat aksi nyata, seperti yang kini bisa dilakukan melalui fitur stiker donasi baru di dalam aplikasi,” kata Anggini.

Baca juga: Empat aktivitas seru untuk mengisi hari libur saat Ramadhan

Baca juga: DCDC Ngabuburit Extra 2024 hadir lagi sebagai teman Ramadhan kaum muda

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024