Threads IG makin banyak digunakan seiring unduhan “apps” X turun

Jakarta (ANTARA) – Threads by Instagram, sebagai salah satu aplikasi jejaring sosial milik Meta secara mengejutkan menunjukkan performa unduhan yang membaik dan mengindikasikan layanan tersebut semakin banyak digunakan.

Aplikasi pesaing dari platform media sosial X milik Elon Musk itu secara mengejutkan pada Desember 2023 menempati posisi keempat dalam unduhan tertinggi di iOS Apps Store dan posisi kedelapan di Google Play Store.

Padahal setelah aplikasi itu dirilis di Juli 2023, pada periode selanjutnya yakni Agustus-November 2023 tidak terlihat pertumbuhan signifikan pada unduhan aplikasinya.

Bahkan pada periode itu tak sedikit masyarakat global yang meragukan apakah Thread bakal bisa menjadi rival X dalam jangka panjang.

Baca juga: Threads hadirkan dua fitur baru “Edit” dan “Voice Thread”

Meski tak mengeluarkan pernyataan resmi menanggapi itu, Instagram yang mengembangkan Thread secara rajin menghadirkan inovasi-inovasi baru salah satunya dengan mempromosikan konten-konten Threads di unggahan Instagram.

Hal itu akhirnya menarik banyak pengguna bahkan menjadi respons positif karena akhirnya pengguna Instagram yang sebelumnya tak tertarik justru kini menjadi pengguna Threads.

Minat masyarakat pada Threads itu tampaknya berbanding terbalik dengan kinerja unduhan aplikasi X yang kini dimiliki Elon Musk.

Meskipun terdapat sekitar 540 juta pengguna X per Juli 2023, pertumbuhan telah melambat di bawah kepemimpinan bos Tesla itu. 

Perusahaan data aplikasi 42Matters melihat adanya penurunan unduhan aplikasi X antara November 2022 dan Oktober 2023, yang dapat berarti penurunan minat pengguna.

Selain itu, peringkat unduhan aplikasi X pada Desember 2023 lalu hanya berada di peringkat 36 baik di Apple ataupun Android. Namun untuk kondisi tersebut mungkin saja karena usia aplikasi yang hampir dua dekade membuat sebagian besar pengguna mungkin sudah mengunduh aplikasi tersebut.

Baca juga: Mark Zuckerberg umumkan sejumlah fitur baru Threads

Dalam hal pengguna aktif, sebenarnya X tetap memimpin. Analisis aktivitas aplikasi yang ditunjukkan oleh situs web Data.ai pada 2023 menunjukkan bahwa X masih masuk sepuluh besar dengan pengguna terbanyak.

Sementara pesaingnya Threads, masih belum masuk sebagai jajaran aplikasi dengan penggunaan terbanyak, hal ini juga dapat menunjukkan meskipun Threads berhasil menarik anggota baru namun bisa saja tingkat kelekatan aplikasi dan penggunanya tidak sebesar basis pengguna X saat ini.

Meskipun pertumbuhan Threads baru-baru ini menggembirakan, tidak diketahui apakah aplikasi ini akan mampu mempertahankan momentumnya dan mengubah unduhan aplikasi menjadi pengguna aktif harian, yang merupakan ujian kesuksesan yang sesungguhnya.

Meskipun telah menambahkan banyak fitur yang diminta pengguna sejak peluncurannya, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan sebelum dapat menarik pengguna X aktif harian. Demikian dilaporkan oleh Phone Arena, Rabu (31/1).

Baca juga: CEO Meta sebut Threads akan tambah fitur pencarian dan web

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024