Tanggapi Kabar Gibran Direkrut Golkar, Prabowo Kasih Jempol Dari Balik Mobil

Suara.com – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto merespons ihwal informasi terkait bergabungnya Gibran Rakabuming Raka ke partai Golkar. Menyusul peluang kuat putra Presiden Jokowi itu menjadi bakal cawapres Prabowo.

Prabowo enggan berkomentar soal itu Gibran akan bergabung dengan partai Golkar. Ia hanya memberikan gestur jempol dari dalam mobil sambil tersenyum.

Hal itu dilakukan Prabowo usai merayakan hari ulang tahun ke-72 di kediamannya Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Selasa (17/10/2023) malam.

Sebelumnya, Prabowo buka suara ihwal kapan dirinya mendeklarasikan cawapres. Prabowo menyampaikan pengumuman cawapres tidak dilakukan secara buru-buru.

Baca Juga:Beri Saran Prabowo kalau Mau Ambil Gibran, Eks Kader PDIP: Minta Izin ke Megawati Bukan Jokowi

“Ojo kesusu, ojo grusa grusu, terus kita.. namanya demokrasi ya,” kata Prabowo.

Golkar Buka Pintu Bagi Gibran 

Sebelumnya, Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono mengungkapkan terkait pasangan calon wakil presiden untuk Prabowo Subianto di Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang berasal dari partai berlambang pohon beringin.

Nantinya cawapres Prabowo akan lebih dulu menjadi kader Golkar, seandainya yang terpilih merupakan figur di luar Golkar. Agung mengistilahkannya dengan “di-Golkarkan”.

“Saya mendengar ada komitmen bahwa slot untuk cawapres KIM dari Partai Golkar, kalaupun bukan dari Golkar, akan ‘di-Golkarkan’ dulu. Bisa melalui AMPI atau ormas hasta karya lainnya,” kata Agung dikutip dari keterangannya kepada wartawan di Jakarta, Selasa (17/10).

Baca Juga:Putusan MK Dianggap Muluskan Gibran Jadi Cawapres, PSI Kota Bekasi Belum Putuskan Dukungan: Nanti Ya, Ojo Kesusu

Sebelumnya, Agung bicara terkait peluang Gibran Rakabuming Raka bergabung ke Partai Golkar. Ia tidak keberatan bila putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi tersebut menjadi kader Partai Golkar.

Agung mempersilakan Gibran bila memang akan bergabung dengan Partai Golkar. Menurutnya kehadiran Wali Kota Solo itu di Partai Golkar menunjukkan bahwa Partai Golkar sebagai partai tengah yang menjadi salah satu pilihan bagi anak-anak muda.

“Pada prinsipnya kami welcome, kita akan sambut dengan baik jika Gibran ingin gabung,” ujar Agung.

Agung berujar Partai Golkar sebagai partai tengah sangat terbuka bagi semua kalangan, termasuk anak-anak muda. Terlebih, kata dia, Partai Golkar memiliki sejarah institusi yang sangat terhormat dan konsisten membangun karya yang progresif.

“Identitas Golkar adalah karya dan kekaryaan untuk masyarakat, sehingga ada kontribusi nyata dari setiap pemerintahan. Dengan posisinya sebagai Wali Kota Solo saat ini, tentunya kehadiran Gibran akan menunjukkan jati diri Golkar sebagai partai yang fokus pada kerja nyata para kadernya sebagai pemimpin bangsa,” kata Agung.

Menurut Agung, bila Gibran memilih Partai Golkar sebagai kendaraan politik selanjutnya, hal itu membuktikan Partai Golkar sebagai wadah yang banyak melahirkan para pemimpin bangsa yang nasionalis dan moderat di mata anak-anak muda.

“Di mata anak-anak muda, Golkar sebagai tempat berkumpulnya para nasionalis, kaum moderat toleran, termasuk kalangan profesional dan relijius. Jadi ini mungkin yang menjadi pertimbangan anak-anak muda termasuk Gibran untuk bergabung bersama Golkar,” kata Agung.