Serukan Pemilu Damai Aptisi Semua Pihak Harus Pastikan Pemilu Lancar Jurdil Dan Bermartabat

RM.id  Rakyat Merdeka – Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) menyuarakan gerakan Pemilu damai jelang hari pemungutan suara pada 14 Februari mendatang.

Mereka mengajak seluruh elemen masyarakat untuk selalu menjaga stabilitas politik dengan tidak saling menyalahkan satu sama lain.

Ketua Aptisi, Budi Djatmiko menyatakan, pernyataan sikap ini penting dilakukan untuk menjawab kondisi politik yang saat ini mulai memanas.

Juga, untuk menjaga marwah institusi pendidikan dari keterlibatan politik praktis. Terlebih, akhir-akhir ini, muncul gerakan dari sejumlah kampus.

“Masyarakat harus diajak bersatu mendukung proses demokrasi Indonesia serta menjaga integritas dan kedamaian dalam pelaksanaan pemilu,” ujar Budi, di Hotel Santika, Bintaro, Tangerang Selatan (Tangsel), Sabtu (10/2/24).

Baca juga : Menag Doakan Kemajuan Bangsa, Pemilu Lancar Dan Ajak Hormati Perbedaan

Budi berpendapat, kegalauan, keresahan dan keprihatinan masyarakat utamanya karena tidak bekerjanya lembaga-lembaga demokrasi, khususnya partai politik (parpol) yang dikelola secara individual, dinasti dan otoritarian.

“Sehingga masa depan dan nasib bangsa ini hanya ditentukan oleh beberapa pimpinan parpol yang berada di lembaga legislatif,” kritiknya.

Budi pun berharap semua pihak dapat memberikan kontribusi positif dalam memastikan pemilu berjalan dengan lancar, jujur, adil, dan bermartabat.

Berikut pernyataan sikap Aptisi untuk menjaga stabilitas politik:

1. Mari kita bersama saling menjaga stabilitas kehidupan demokrasi berbangsa dan bernegara bersama saling mening menyalahkan satu sama lain yang cenderung tendensius.

Baca juga : Kampanye Di Garut, Anies Pastikan Bansos Tak Dihentikan, Justru Ditambah

2. Mari kita bersama saling mengoreksi diri dan memprioritaskan mana yang lebih utama untuk menjaga kehidupan berbangsa dan bernegara demi masa depan kehidupan demokrasi bangsa.

3. Mari kita bersama mendorong stakeholder terkait mewujudkan reformasi partai politik demi terwujudnya demokrasi yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

4. Kepada seluruh pejabat kampus dan akademisi yang mempunyai kerabat, keluarga maupun saudara menjadi caleg atau tim sukses salah satu calon tidak membawa institusi pendidikan yang menyeret ke dalam politik praktis agar marwah dan keutuhan kampus sebagai forum intelektual tetap terjaga, tanpa adanya tendensi politik untuk golongan tertentu, demi terwujudnya cita-cita bangsa

5. Bagi seluruh perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta yang berjumlah 4.356, mari kita bersama berupaya untuk menurunkan suhu Baltik yang berpotensi memecah belah persatuan serta kesatuan bangsa dengan mensosialisasikan kepada masyarakat demi terciptanya pemilu yang damai, penuh kegembiraan dan persaudaraan dengan mengedapankan kepentingan bangsa.

6. Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia yang memiliki hak pilih untuk turut berpartisipasi secara aktif dalam proses Pemilu ini dengan datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada tanggal 14 februari 2024 dan menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani masing-masing tanpa intervensi dari pihak mana pun, demi tewujudnya pemilu yang berkualitas, jujur, adil dan bermartabat.

Baca juga : Cek Kesiapan Pemilu di Jeddah, Wapres Tegaskan Pentingnya Pemilu Jurdil

7. Kami mengimbau kepada masing-masing pasangan calon dan para pendukungnya untuk menghentikan ujaran ujaran kebencian, hoaks serta isu-isu lainnya yang dapat memecah bela persatuan dan kesatuan bangsa.

8. Siapa pun presiden dan wakil presiden yang terpilih nanti, kami menyerukan agar dapat menata kembali kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai dengan ide, cita-cita bangsa sebagaimana tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan kepada segenap komponen bangsa untuk bersatu mendukung presiden dan wakil presiden terpilih hasil Pemilu tahun 2024 sebagai hasil akhir dari pesta demokrasi saat ini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram “Rakyat Merdeka News Update”, caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.