Selain Siti, Noneng Diduga Dibunuh Wowon dkk dengan Ditenggelamkan

JawaPos.com – Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya menemukan fakta baru dalam kasus pembunuhan berantai oleh Wowon Erawan alias Aki dan kawan-kawan. Jika sebelumnya hanya Siti yang dibunuh dengan cara ditenggelamkan ke laut, ternyata Noneng juga dibunuh dengan cara yang sama.

Awalnya diinformasikan bahwa Noneng diperintah Wowon untuk menenggelamkan Siti saat perjalanan ke Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Siti dibunuh karena menagih harta yang dijanjikan Wowon.

“Nah ini yang jadi tanda tanya kok nurut saja termasuk yang kami dalami saat ini ternyata yang ada di Bali itu terjun ke laut bukan hanya Siti namun juga Noneng,” kata Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi kepada wartawan, Jumat (25/1).

Hengki menjelaskan, berdasarkan koordinasi dengan Polres setempat, diketahui bahwa ada 2 penemuan jenazah tenggelam, bukan 1 orang.

“Ini masih berkembang, karena kita harus padukan kesesuaian dengan alat bukti. Kalau keterangan tersangka, kalau ingin meraih sukses silakan terjun ke laut itu dari Aki Banyu,” jelasnya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya memastikan kasus tewasnya tiga orang di Ciketingudik, Bantar Gebang, Kota Bekasi, Jawa Barat tidak murni keracunan. Para korban dipastikan tewas akibat diracun. Korban meninggal adalah ibu dan anak atas nama AM, 35; RAM, 21; dan MR, 19.

“Dari fakta awal ada fakta baru bahwa narasi yang dikembangkan mati keracunan tidak benar, tapi itu pembunuhan,” kata Fadil.

Tak hanya itu, kasus ini disebut Fadil sebagai pembunuhan berantai. Total ada 9 korban tewas yang telah teridentifikasi. Dalam kasus ini, penyidik sudah menetapkan 3 orang tersangka. Mereka yakni Wowon Erawan alias Aki, Solihin alias Duloh dan M Dede Solehudin.

Atas perbuatannya, para pelaku dijerat Pasal 380 KUHP tentang pembunuhan, juncto Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana. Mereka terancam pidana 20 tahun penjara, atau penjara seumur hidup atau pidana mati.

__Posted on
__Categories
Nasional