Round up hari ke-67, Anies temui DPD, Ganjar dan Prabowo kampanye

Jakarta (ANTARA) – Hari ke-67 kampanye, tiga pasangan calon semakin giat berkampanye di berbagai daerah, antara lain di wilayah barat dan tengah Indonesia.

Tiga pasangan calon, yang terdiri atas calon presiden dan calon wakil presiden, pada hari ke-67 kampanye juga memilih untuk “bergerilya” masing-masing atau berkampanye secara terpisah ke daerah-daerah sasaran.

Kubu 01

Dari pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, mereka berkampanye secara terpisah di wilayah Jabodetabek.

Calon Presiden Anies Baswedan memilih menghadiri Sarasehan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (2/1). Anies pun menjadi satu-satunya capres yang diundang oleh DPD RI, hadir dalam acara tersebut.

Di acara itu, Anies, di hadapan anggota DPD RI, membagikan gagasannya, visi, misi, dan program-program kerja prioritas pasangan calon nomor 01. Anies meyakini kehadirannya di forum Sarasehan DPD dapat meningkatkan kualitas capres.

“Dengan cara seperti ini, masyarakat punya kesempatan lebih banyak untuk mendengar gagasan,” kata Anies usai acara.

Sementara itu, Cawapres Muhaimin Iskandar — akrab disapa Cak Imin — berkampanye di daerah Tangerang. Dia menghadiri Istighosah Akbar Kemenangan AMIN (Anies-Muhaimin) di Taman Kirana Surya II, Tangerang, Banten.

Di atas panggung acara, Muhaimin meyakini warga Tangerang sebagaimana mayoritas masyarakat Indonesia menghendaki perubahan.

Dalam acara yang sama, Muhaimin juga menyinggung komitmen dia dan Anies menghapus stunting. Muhaimin menyebut penanganan stunting harus dimulai sejak masa kandungan.

“Bukan sudah besar baru diatasi, namanya terlambat,” kata Cak Imin.

Kubu 02

Dari pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, keduanya pun juga berkampanye secara terpisah pada hari ke-67 kampanye Pilpres 2024.

Capres Prabowo Subianto berkampanye untuk pertama kalinya di daerah tengah Indonesia, yaitu di Makassar, Sulawesi Selatan. Di GOR Sudiang, Makassar, Prabowo menemui para pendukungnya dan membagikan visi, misi, serta program-program prioritas pasangan calon nomor urut 02.

Prabowo juga kembali menyampaikan keinginannya untuk menyatukan para pemimpin bangsa. Prabowo membagikan ceritanya saat dia diajak Presiden Joko Widodo bergabung dalam pemerintahan.

Dari Makassar, Prabowo terbang ke Jakarta dan menghadiri dua acara, yaitu Apel Akbar Tim Kampanye Nasional (TKN) Muda di JCC dan pertemuan dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) di Pantjoran PIK, Jakarta.

Di acara Kadin, Prabowo ditemani oleh Erick Thohir dan Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan.

Sementara itu, Cawapres Gibran Rakabuming Raka berkampanye di daerah Depok, Bekasi, dan Jakarta. Di depok, Gibran bersama istrinya, Selvi Ananda, blusukan ke Pasar Kemiri, kemudian bertemu ibu-ibu hamil di kawasan Cipayung, Depok.

Gibran dan Selvi, dalam pertemuan dengan ibu-ibu hamil, bertanya kondisi kesehatan mereka dan meminta mereka memperhatikan asupan gizi dan vitamin.

“Jangan lupa ibu minum obat-obatan penambah darah dan vitamin, yang penting diperhatikan asupan gizinya. Semoga semua sehat ya,” kata Selvi.

Kubu 03

Dari pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md., masing-masing menghadiri beberapa acara secara terpisah pada hari ke-67 kampanye Pilpres 2024.

Ganjar mengawali harinya menghadiri acara Hahatan Rakyat di Tuban, Jawa Timur, kemudian bertolak ke Palembang, Sumatera Selatan. Di Jawa Timur, Ganjar memuji aksi para guru besar dari berbagai kampus yang mulai bersuara untuk menyelamatkan demokrasi di Indonesia.

“Dimulai dari UGM, terus kemudian UII, UI dan hari ini saya mendapatkan banyak sekali saya dengar dari Andalas, nanti UMY juga akan menyampaikan itu bahkan mereka sudah nadanya cukup-cukup keras begitu ya,” kata Ganjar.

Kemudian di Palembang, Ganjar blusukan menemui pedagang di Pasar Palimo. Dia kepada para pedagang berjanji menurunkan harga-harga pangan karena itu memberatkan masyarakat.

Sementara itu, Cawapres Mahfud Md. berpamitan kepada jajaran pegawai dan pejabat Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan saat acara apel pagi di pelataran kantor kementerian. Mahfud juga sempat berolahraga pagi bersama pegawai-pegawai kementerian di Monas.

Dalam apel pagi itu, Mahfud berpesan kepada pegawai Kemenko Polhukam mereka tetap harus netral, bekerja profesional, dan menjaga integritas. Mahfud, dalam kesempatan yang sama, juga membeberkan alasannya mundur sebagai menko polhukam, karena dia mengakui ada konflik kepentingan sehingga perwn ganda sebagai menko dan cawapres tidak dapat dia teruskan.

Usai apel pagi, Mahfud berkemas kemudian berbincang dengan beberapa pejabat, kemudian meninggalkan Kantor Kemenko Polhukam menggunakan kendaraan pribadi.

Dari Jakarta, Mahfud terbang ke Tanjung Balai, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau. Mahfud bertemu dengan Pastor Paroki Gereja Santo Yoseph Romo Kristiono Widodo dan keduanya berbincang-bincang kemudian berkeliling kompleks gereja.

Mahfud mengaku senang melihat kompleks gereja yang berdiri tegak dan berfungsi baik, mengingat pada 2020 gereja itu sempat punya masalah IMB. “Saya ikut turun tangan melalui keuskupan, Alhamdulilah sekarang sudah selesai. Saya senang ikut mempercepat pembangunan gereja-gereja, seperti Gereja Yasmin di Bogor,” kata Mahfud.

Baca juga: Anies sebut forum DPD undang capres tingkatkan kualitas pilpres

Baca juga: Ketua DPD: Ganjar batal hadiri undangan Sarasehan DPD

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024