Rizal Ramli Meninggal Karena Sakit Apa Ternyata Idap Penyakit Ganas

Suara.com – Indonesia berduka karena kabar meninggalnya Ekonom Rizal Ramli kemarin malam, 2 Januari 2024. Ia meninggal di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Apakah kamu belum tahu Rizal Ramli meninggal karena sakit apa?

Rizal Ramli merupakan Mantan Menteri Koordinator Perekonomian yang meninggal saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo di Jakarta pada hari Selasa pada usia 69 tahun.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh keluarga mengkonfirmasi kematian Rizal pada pukul 19.30 WIB. Kabar beredar bahwa Rizal Ramli meninggal karena sakit kanker pankreas stadium 4. Ia sudah menjalani perawatan selama 2 bulan di RSCM sebelum tutup usia. Disebutkan juga bahwa Rizal Ramli sendiri tidak menyadari jika dirinya mengidap kanker hingga akhirnya merasakan gejala yang tidak nyaman pada tubuhnya. Ketika diperiksakan, ternyata ia sudah berada di stadium 4 kanker pankreas. 

Gejala sakit kanker pankreas

Kanker pankreas sendiri merupakan tumor ganas pada pankreas yang merupakan organ retroperitoneal. Organ tersebut berfungsi untuk mencerna makanan dan memproduksi berbagai macam hormon yang diperlukan tubuh. Salah satunya ialah sebagai insulin yang bekerja untuk mengontrol kada gula darah. Individu berusia 45 tahun ke atas rentan terkena kanker pankreas. 

Adapun gejala seseorang mengalami sakit kanker pankreas pasien akan mengalami:

– Sakit perut 
– Penurunan berat badan
– Badan menjadi kuning
– Anoreksia
– Mual
– Muntal
– Kandung empedu membesar yang bisa teraba saat pemeriksaan fisik

Ada beberapa faktor yang dapat memicu seseorang terserang kanker pankreas seperti merokok, obesitas, pola makan yang tidak sehat, serta mengkonsumsi alkohol. Faktor genetik juga ikut berperan menjadi penyebab kanker pankreas. 

Riwayat hidup Rizal Ramli

Rizal menjabat sebagai menteri koordinator bidang investasi dan maritim dari Agustus 2015 hingga Juli 2016 selama pemerintahan Presiden Joko “Jokowi” Widodo. Selama berada dalam kabinet Jokowi, dikabarkan bahwa ia sering berselisih dengan anggota kabinet dan secara terbuka menyatakan ketidakpuasan atas pemerinahan Jokowi melalui media. 

Sebelum menjabat sebagai Menteri Koordinator Perekonomian dalam Kabinet Jokowi, ia memiliki pengalaman sebagai menteri selama masa kepresidenan singkat Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Pada saat itu, Rizal memegang berbagai posisi menteri, termasuk menjabat sebagai menteri koordinator ekonomi dan sebagai menteri keuangan dari Agustus 2000 hingga Agustus 2001. Pada 2018, Rizal secara terbuka menyatakan niatnya untuk mencalonkan diri dalam pemilihan presiden 2019 tetapi ia tidak pernah mendapat dukungan dari partai politik mana pun.

Demikian itu informasi untuk menjawab mengenai Rizal Ramli meninggal karena sakit apa. 

Kontributor : Mutaya Saroh