Ramadan Pupuk Kaltim Salurkan 4 160 Paket Sembako Untuk Warga Bontang

RM.id  Rakyat Merdeka – PT Pupuk Kaltim menyalurkan paket sembako kepada 4.160 penerima di Kota Bontang, dengan total bantuan senilai Rp 1,1 miliar pada tahun ini.

Vice President Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (VP TJSL) Pupuk Kaltim Sugeng Suedi mengatakan, para penerima berdasarkan data Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang, melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos PM), dengan sasaran manfaat yakni warga yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) non program, Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE), hingga para Veteran dan Piveri.

“PKT Proaktif, secara umum diperuntukkan bagi warga Bontang di 15 Kelurahan tanpa terkecuali, sesuai data Dinsos-PM Bontang,” ujar Sugeng, melalui siaran pers, Jumat (29/3/2024).

Menurutnya, hal ini wujud kepedulian perusahaan dengan berbagi manfaat dan keberkahan di bulan Ramadan.

Adapun, tiap paket sembako berisi 5 Kilogram (Kg) beras premium, 1 Kg gula pasir, 2 liter minyak goreng, 15 butir telur ayam hingga satu pack makanan ringan.

Selain itu, pihaknya juga melibatkan para pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) binaan perusahaan untuk pengadaan bantuan paket sembako. Yakni, mulai dari usaha binaan di sektor perdagangan untuk pengadaan gula, telur dan minyak goreng.

Lalu, binaan di sektor pertanian untuk pengadaan beras, serta sektor industri rumah tangga untuk pengadaan paket makanan ringan. Termasuk, melibatkan para penjahit binaan untuk pengadaan tas bantuan (goodie bag) bekerja sama dengan PIKA PKT.

Adapun manfaat dari program tersebut tidak hanya bagi masyarakat penerima, tapi juga berkah bagi UMKM binaan yang diberdayakan untuk pengadaan paket sembako.

Baca juga : Safari Ramadan BUMN, PLN Tebar 1.000 Paket Sembako Murah untuk Masyarakat Nabire

“Pemberdayaan ini setiap tahun dilakukan, khususnya pada program berbagi paket Ramadan maupun Idul Fitri,” ucap Sugeng.

Di kesempatan yang sama, Senior Vice President (SVP) Teknik Pupuk Kaltim Gatot Pramu Handoko menyampaikan, PKT Proaktif berbagi sembako merupakan agenda yang dilakukan setiap tahun. Perseroan menyalurkan bantuan bagi warga kurang mampu di Kota Bontang.

Selain itu, program PKT Proaktif tahun ini juga diselaraskan dengan Employee Volunteering Initiation (Evolution), untuk melatih kepekaan dan kepedulian karyawan Pupuk Kaltim terhadap sesama dalam menyikapi kondisi sosial di masyarakat.

Program bantuan ini melibatkan karyawan sebagai relawan untuk menyalurkan bantuan ke seluruh penerima yang berhak di Kota Bontang.

“Kami harap bantuan ini bermanfaat, serta bisa menambah semangat dan kebahagiaan bagi para penerima dalam memenuhi kebutuhan pokok selama Ramadan,” kata Gatot.

Gatot menambahkan, evolution PKT Proaktif tahun ini juga menyasar bantuan serupa bagi ratusan santri dari berbagai panti asuhan, serta para lansia panti jompo yang ada di Kota Bontang dengan penyaluran secara bertahap.

Ia memastikan, program ini akan terus berjalan berkesinambungan, dengan memberi manfaat yang jauh lebih luas bagi masyarakat.

Begitu pun keterlibatan karyawan, akan terus ditingkatkan agar jiwa sosial serta kepedulian akan semakin terasah, sesuai semangat Pupuk Kaltim untuk senantiasa hadir bagi masyarakat di berbagai bidang.

Baca juga : Ramadan 2024, Garuda Beverage Salurkan 1.000 Sepatu Untuk Siswa di Pulau Jawa

“Semangat inilah yang mendasari Evolution PKT Proktif dilaksanakan,” ujar Gatot.

Senyum sumringah menghiasi wajah Kartini (52) saat keluar dari Hotel Grand Equator Bontang, sambil membawa satu tas penuh berisi sembako di tangan kanannya.

Kartini merupakan salah satu dari ribuan warga kurang mampu di Kota Bontang, yang tahun ini mendapat bingkisan sembako Ramadan 1445 H dari PT Pupuk Kalimantan Timur.

“Ini ada beras, gula, minyak dan banyak lainnya. Alhamdulillah ada saja berkah rezeki di bulan Ramadan,” ucap Kartini, di Hotel Grand Equator Bontang, Rabu (21/3/2024).

Ia mengaku, mendapat info pembagian sembako gratis Pupuk Kaltim dari Kelurahan. Sebab, namanya terdaftar sebagai salah satu warga yang berhak menerima bantuan, di DTKS non program.

Atas dasar itulah, dia pun menjemput rezeki yang dinilainya sangat berarti untuk pemenuhan kebutuhan keluarga saat bulan puasa.

Hal senada turut diungkap Rusman (55), warga Kelurahan Api-api Bontang Utara.

Ia menuturkan, saat tarawih namanya diumumkan Ketua RT di Masjid, sebagai salah satu warga yang berhak menerima bantuan PKT Proaktif Pupuk Kaltim tahun ini. “Makanya saya datang ambil bantuan,” ucapnya.

Baca juga : Berkah Ramadan, Pupuk Kaltim Salurkan Bantuan Rp 3,47 Miliar Bagi Warga Bontang

Ia mengungkapkan, paket sembako ini sangat membantu dirinya untuk memenuhi kebutuhan dapur saat Ramadan.

Terlebih, dengan harga bahan pokok yang melonjak mulai awal puasa, membuat pria yang berprofesi sebagai buruh ini agak kesulitan memenuhi kebutuhan keluarga karena pengeluaran lebih tinggi dari sebelumnya.

Ia berharap, program ini terus berjalan berkesinambungan, tentunya dengan sasaran penerima yang jelas atau masyarakat yang benar-benar berhak menerima.

“Bagi sebagian orang, mungkin paket seperti ini biasa. Tapi bagi kami, ini sangat membantu. Terima kasih Pupuk Kaltim, semoga menjadi berkah bagi perusahaan dan programnya terus ada,” tuturnya.

Mewakili Pemkot Bontang, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos PM Bontang Marwati, mengapresiasi kesinambungan peran Pupuk Kaltim bagi masyarakat, yang kali ini disalurkan melalui Evolution PKT Proaktif berbagi sembako Ramadan.

Hal ini menunjukkan, semangat kebersamaan dan kepedulian tinggi Pupuk Kaltim, sekaligus langkah nyata perusahaan mendukung Pemerintah dalam memberikan perhatian bagi masyarakat.

“Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pupuk Kaltim, atas kontribusinya bagi masyarakat khususnya saat Ramadan ini,” ujar Marwati.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram “Rakyat Merdeka News Update”, caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.