PSI Gagal Lolos DCT Pemilu 2024 di Kabupaten Ponorogo

Suara Ponorogo – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) baru-baru ini mengalami kegagalan dalam tahapan Daftar Calon Tetap (DCT) untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. 

Arwan Hamidi, Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ponorogo, menjelaskan bahwa PSI tidak melakukan perbaikan data sejak awal proses hingga batas akhir masa percermatan rancangan DCT. Akibatnya, partai ini tidak memenuhi syarat untuk melanjutkan proses dalam tahapan DCT.

“Ada satu parpol yang tidak melakukan perbaikan data, hingga batas akhir masa pencermatan rancangan DCT pada Rabu (4/10) malam, pukul 23.59 WIB,” ungkap Arwan.

Arwan juga mengungkapkan bahwa mayoritas partai politik melakukan perubahan dalam penyerahan berkas, termasuk perubahan nomor urut bakal calon legislatif dan pergantian bakal calon baru. Namun, ada tiga orang bakal calon yang mundur dari tiga partai yang berbeda.

Baca Juga:Heru Budi: Pejabat Dilarang Cari-cari Jabatan, Berharap Promosi Boleh

“Mayoritas melakukan perubahan, ada empat atau mungkin lima, yang tidak melakukan perubahan,” ujar Arwan.

Meskipun terdapat perubahan yang dilakukan oleh mayoritas partai politik, jumlah bakal calon legislatif pada rancangan DCT diperkirakan tidak akan mengalami perubahan yang signifikan dibandingkan dengan Daftar Calon Sementara (DCS) beberapa waktu lalu.

“Kalau bakal calon legislatif baru menggantikan yang lama, maka total ada 519 bakal calon legislatif, dikurangi 3 yang mundur sehingga menjadi 517 bakal calon legislatif,” tambahnya.

KPU Kabupaten Ponorogo masih akan melakukan proses verifikasi administrasi (vermin) kembali untuk memastikan kelengkapan dokumen di setiap partai politik, termasuk yang telah melakukan perubahan. Penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) akan diumumkan pada tanggal 4 November setelah melalui tahapan tersebut.

“Tanggal 4 Oktober ini dimulai vermin, setelah ini penyusunan DCT pada tanggal 3 November, dan pengumuman DCT akan dilakukan pada tanggal 4 November,” pungkas Arwan.
 

Baca Juga:Rekrutmen Guru PPPK Kembali Dibuka di Ponorogo, Terdapat Peluang untuk Pelamar dengan Kebutuhan Khusus