Profil Yuyu Sutisna Mantan KSAU, Putranya Diisukan Dekat dengan Anak Andika Perkasa

Suara.com – Kabar kedekatan antara putra mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI (Purn) Yuyu Sutisna, Hafiz Akbar dengan putri dari mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa, Angela Adinda Nurrina Perkasa Hendropriyono kini mencuat.

Hal ini terungkap usai Andika Perkasa mengunggah kebersamaan keluarganya yang juga dihadiri oleh Hafiz Akbar saat sedang berkunjung ke HeHa Waterfall, Bogor. Tampak sang putri dan Hafiz sedang berdiri bersebelahan di belakang sang mertua, AM Hendripriyono.

Keakraban atara dua anak dari mantan petinggi TNI tersebut juga terlihat saat istri Andika Perkasa, Hetty Andika tampak berfoto sambil merangkul Angela dan Hafiz yang berada di kanan kirinya. Foto kebersamaan mereka pun viral dan banyak diperbincangkan publik.

Sosok Hafiz Akbar diketahui berprofesi sebagai perwira polisi. Banyak pyang ikut memperbincangkan soal latar belakang sang ayah. Nama Marsekal (Purn) Yuyu Sutisna sendiri mulai dikenal publik sejak ia diangkat sebagai KSAU pada tahun 2018 lalu.

Lalu, siapa sosok Yuyu Sutisna sebenarnya? Simak inilah profilnya selengkapnya.

Profil Yuyu Sutisna

Pria bernama lengkap Marsekal TNI (Purn) Yuyu Sutisna, S.E., M.M merupakan mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 17 Januari 2018 lalu. Yuyu merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1986.

Setelah lulus dari AAU, Yuyu langsung melanjutkan pendidikan di Sekolah Penerbang TNI AU tahun 1987 silam. Tumbuh besar di Cicalengka, Jawa Barat membuat Yuyu bertekad untuk menjadi perwira TNI.

Meskipun sudah mempunyai karier cemerlang di TNI AU, namun Yuyu tetap mengutamakan pendidikannya. Hal ini terbukti saat ia berhasil menyelesaikan pendidikan sarjana ekonominya dari Universitas Narotama.

Yuyu berhasil meraih gelar magister manajemen dari Universitas Gajayana. Ia menyelesaikan S2 nya saat masih menjabat sebagai Wakil Asisten Operasi KASAU pada tahun 2015 lalu.

Prestasi Yuyu selama mengemban pendidikan di dunia militer sudah tampak sejak ia masih belia. Yuyu berhasil menjadi lulusan terbaik dari Sekkau tahun 1996 dan Seskoau tahun 2000. Bahkan, Yuyu juga berhasil menyabet peringkat 3 sebagai lulusan terbaik dari Sesko TNI serta PPSA XIX Lemhanas tahun 2013.

Selama berkarier di militer, Yuyu pernah terlibat dalam beberapa operasi besar yang terjadi di Indonesia, seperti Operasi Seroja dan Pemberontakan di Aceh.

Yuyu juga pernah menjabat beberapa jabatan strategis, seperti Panglima Kohanudnas pada tahun 2017, Wakil Kepala Staf TNI AU tahun 2017-2018, sebelum akhirnya dilantik sebagai KSAU periode 2018-2020 oleh Presiden Jokowi. Yuyu menggantikan Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto yang saat itu diangkat sebagai Panglima TNI.

Yuyu diketahui memiliki 3 orang anak, yaitu Hafiz Prasetia Akbar, Nadya Afiefa Putri, dan Annsa Elysia Pramesti. Sang anak sulung, Hafiz kini dikabarkan sedang menjalin hubungan spesial dengan anak mantan Panglima TNI Andika Perkasa, Angela Adinda yang diketahui berprofesi sebagai seorang dokter.

Kontributor : Dea Nabila