Pj Bupati pastikan Pemilu Serentak 2024 siap digelar di Banyumas

“Pemerintah Kabupaten Banyumas dengan Forkopimda, penyelenggara pemilu, KPU, Bawaslu, PPS, KPPS, serta PPK semuanya siap menyelenggarakan Pilpres-Pileg Tahun 2024 dengan sukses, aman, nyaman, dan tentunya semakin membuat kondusifitas di masyarakat Ka

Purwokerto (ANTARA) – Penjabat (Pj) Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro memastikan Pemilu Serentak 2024 siap digelar di seluruh wilayah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pada hari Rabu (14/2).

“Pemerintah Kabupaten Banyumas dengan Forkopimda, penyelenggara pemilu, KPU, Bawaslu, PPS, KPPS, serta PPK semuanya siap menyelenggarakan Pilpres-Pileg Tahun 2024 dengan sukses, aman, nyaman, dan tentunya semakin membuat kondusifitas di masyarakat Kabupaten Banyumas semakin aman dan tenteram,” kata Pj Bupati di Purwokerto, Banyumas, Selasa.

Ia mengaku telah melakukan pemantauan untuk memastikan persiapan dan kelancaran pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 di sejumlah wilayah Banyumas.

Dalam hal ini, kata dia, pihaknya memastikan bahwa distribusi logistik pemilu telah sampai di tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan selanjutnya didistribusikan ke panitia pemungutan suara (PPS).

“Kemarin kami cek, logistik sudah terdistribusi ke seluruh kecamatan. Kami lakukan pengecekan juga bagaimana gudang logistik untuk memastikan semuanya aman dan nyaman,” katanya usai Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS Operasi Mantap Brata Candi 2024 Polresta Banyumas di Alun-Alun Purwokerto.

Dari hasil pengecekan di 15 kecamatan yang dijadikan sampel dan laporan tertulis dari 12 kecamatan lainnya, kata dia, semua gudang logistik dalam kondisi baik dan aman serta tidak ada kebocoran saat terjadi hujan.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya memantau beberapa lokasi yang akan digunakan sebagai tempat pemungutan suara (TPS) termasuk yang berada di daerah-daerah rawan bencana.

“Kalau kemudian terjadi bencana, sudah kami siapkan skenario bagaimana kalau terjadi bencana. Bahkan, ada beberapa TPS karena kondisinya sedikit rawan, kami pindahkan,” katanya.

Menurut dia, pihaknya dalam beberapa hari terakhir melakukan pendekatan dengan tokoh agama maupun tokoh masyarakat untuk memastikan kondusifitas wilayah.

“Insyaallah semuanya baik-baik saja,” kata Pj Bupati.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyumas Komisaris Besar Polisi Edy Suranta Sitepu mengatakan TNI/Polri, Pemkab Banyumas, dan seluruh pemangku kepentingan siap untuk melaksanakan Pemilu Serentak 2024.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya menggelar apel pergeseran pasukan yang melibatkan 1.066 personel termasuk 698 personel yang bertugas untuk mengamankan TPS.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya mendapatkan bawah kendali operasi (BKO) dari TNI sebanyak 189 personel yang akan ditempatkan di seluruh kepolisian sektor (polsek).

“Ada 27 polsek, masing-masing polsek mendapatkan 7 personel dari rekan-rekan TNI. Tentunya ini untuk membantu kepolisian di mana kita memastikan bahwa jalannya pileg maupun pilpres ini bisa berjalan dengan aman, nyaman, lancar, dan masyarakat bisa menggunakan hak suaranya untuk datang ke TPS,” katanya.

Lebih lanjut, Kapolresta mengatakan pada masa tenang menjelang pemungutan suara, pihaknya melaksanakan patroli dialogis untuk berkomunikasi dengan semua masyarakat termasuk tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda.

Menurut dia, hal itu dilakukan untuk memastikan pesta demokrasi lima tahunan tersebut bisa berjalan dengan aman.
 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024