Pilgub Banten Beringin Cari Pendamping Airin

RM.id  Rakyat Merdeka – Partai Golkar sudah merekomendasikan Airin Rachmi Diany maju sebagai calon gubernur (cagub) dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024. Kini, Partai berlambang Beringin ini sedang mencari sosok yang tepat untuk mendampingi mantan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dua periode ini.

SEKRETARIS Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Provinsi Banten, Bahrul Ulum mengatakan, Airin sudah mengantongi surat penugasan dari partai untuk maju di Pilgub Banten 2024. Saat ini, kata dia, partainya akan berkoalisi danmencari bakal calon wakil gubernur (bacawagub) sebagai persiapan menghadapi Pilgub Banten 2024.

“Sesuai dengan penugasan DPP Partai Golkar, Ibu Airin harus kembali fokus menghadapi Pilgub Banten. Tentu kami akan berkoalisi, termasuk men­cari bacawagub,” kata Ulum dalam keterangannya, Sabtu (30/3/2024).

Menurut Ulum, pada Pemilu 2024 Airin sukses menjalankan tugas sebagai calon anggota leg­islatif (caleg) DPR dari daerah Pemilihan (dapil) Banten III. Hasilnya, peningkatan perolehan kursi Partai Golkar di semua tingkatan Pileg di Banten.

“Di Banten, Golkar adalah pemenang dengan memperoleh 14 kursi di DPRD Banten dengan932.670 suara dan berhak menempati kursi ketua DPRD Banten,” kata Ulum.

Baca juga : DPR Ajukan Anggaran Sebesar Rp 9,25 Triliun

Begitu pula untuk kursi DPR Dapil Banten III (Tangerang Raya), kata dia, Partai Golkar meraih dua kursi di Senayan. Bahkan, suara Airin mencapai 302.878 yang merupakan paling besar dari seluruh Caleg DPR se-Banten.

“Secara nasional, suara Airin juga masuk 5 besar terbanyak para caleg DPR se-Indonesia,” ungkap dia.

Dengan prestasi itu, kata Ulum, Airin merupakan salah satu magnet kemenangan Partai Golkar di Banten. Buktinya, partainya menang di tingkat DPRD provinsi dan 7 dari delapan kabupaten/kota se-Banten.

“Artinya, mesin Partai Golkar telah bersatu di pileg dan akan kembali digerakkan untuk pilkadaserentak,” tegas Ulum.

Ulum mengatakan, setelah sukses di pileg, Golkar akan mu­lai kembali menyosialisasikan Airin sebagai Bacagub Banten. Termasuk, kata dia, melakukan komunikasi dengan seluruh par­pol untuk menggalang koalisi.

Baca juga : Gen Z Kudu Dilibatkan Kerek Ekonomi Digital

“Kami ingin membangun Banten dengan kebersamaan. Dan Golkar terbuka untuk berkomunikasi dengan semua par­pol,” ujarnya

Pengamat politik dan kebijakan publik dari Universitas Serang Raya (Unsera), Banten, Ahmad Sururi berpendapat, sosok pendamping Airin tidak perlu berlatar belakang politik. Bisa juga, kata dia, dari kalanganpengusaha maupun tokoh, se­lama punya kontribusi bagi masyarakat Banten.

“Siapa yang berpotensi bersa­ma Airin di Pilgub Banten 2024, sudah seharusnya Partai Golkar bersikap open collaboration dan tidak membatasi pendamping pada kriteria tertentu yang justru tidak menguntungkan Gokar,” saran Sururi dalam keterangan­nya, Sabtu (30/3/2024).

Menurut Sururi, munculnya beberapa nama Cagub Banten 2024 seperti Ahmad Dimyati Natakusuma di Pandeglang, Rano Karno dan Wahidin di Tangerang akan membuat kon­stelasi Pilgub Banten 2024 semakin kompetetif. Ditambah lagi, magnet Airin cukup kuat dan terbukti suara elektoralnya nomor 1 di Banten.

“Jika Golkar yakin Airin memenangkan Pilgub Banten 2024, maka pilihannya pada sosok yang dapat men-support Airin bagi kemajuan Banten ke depan. Sehingga opsi pilihan pendamping­nya harus terbuka,” saran dia.

Baca juga : Manchester City Vs Arsenal, Misi Dua Raksasa Berburu Gelar

Sururi mengatakan, Banten membutuhkan pemimpin atau cagub visioner, inovatif dan punya rasa memiliki dan bangga terhadap Banten. Dia menekankan, cagub Banten bukan hanya sekadar memenangkan pilgub, lalu stagnan dan tidak ada inovasi.

“Sehingga ketika memimpin, bisa membawa banyak ino­vasi dalam memajukan Banten khususnya dalam mewujudkan pemerataan pembangunan di Banten,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram “Rakyat Merdeka News Update”, caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.