Pentingnya Internet Cepat Buat Warga Desa dan Pertambangan di Kawasan Susah Sinyal

Merdeka.com – Tak dipungkiri, internet menjadi salah satu hal penting yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan modern. Keberadaannya bahkan sangat dibutuhkan untuk mengakses beragam informasi terkini hingga memperlancar aktivitas sehari-hari. Hanya saja, tak semua daerah di Indonesia mendapatkan akses internet yang memadai.

Di kawasan susah sinyal misalnya, warga desa hingga industri pertambangan masih tak leluasa mengakses internet dengan lancar. Padahal ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan warga desa hingga pertambangan dengan ketersediaan akses internet yang lancar.

taboola mid article

Akses Internet Lancar Dapat Menggerakkan Roda Perekonomian Desa

pentingnya internet cepat buat warga desa dan pertambangan di kawasan susah sinyal

©Shutterstock

Kendati sudah memasuki era internet, nyatanya masih banyak desa yang belum terkoneksi internet dengan baik. Bahkan data dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyebutkan jika masih ada 84 ribu desa yang blankspot, 250 ribu sekolah, serta lebih dari 10 ribu puskesmas juga belum tersambung internet.

Padahal fungsi internet amat vital bagi pengembangan desa itu sendiri. Keberadaan jaringan internet dapat dimanfaatkan untuk menunjang kinerja sistem informasi desa, pencarian informasi di bidang pemerintahan, pertanian, peternakan, perikanan, perdagangan, pendidikan dan lainnya dengan lebih cepat.

Tak sampai di situ, kehadiran internet juga menjadi solusi efektif untuk memasarkan produk ke luar desa dengan jualan online. Pelaku usaha bisa memasarkan berbagai hasil kerajinan, jasa dan juga hasil buminya, termasuk para kreator-kreator muda di desa.

Hasilnya, pasar produk desa pun tak lagi terbatas secara geografis, tapi bisa menembus masyarakat kota, nasional bahkan hingga ke seluruh dunia. Dengan cara inilah desa bisa menjadi kunci suksesnya pertumbuhan perekonomian nasional. Terlebih, sudah banyak cerita sukses sebuah desa yang maju dan berkembang berkat adanya jaringan internet yang memadai dan mendukung roda perekonomian desa.

Internet yang Cepat Juga Bisa Mewujudkan Smart Mining di Indonesia

pentingnya internet cepat buat warga desa dan pertambangan di kawasan susah sinyal

©Shutterstock

Tidak hanya bagi desa, kehadiran internet juga memberikan keuntungan tersendiri bagi industri, termasuk salah satunya adalah industri tambang atau mining. Dengan akses internet cepat dan lancar berbagai perusahaan tambang minyak, gas bumi, batubara, dan lainnya bahkan dapat menerapkan metode smart mining.

Adapun metode smart mining diterapkan dengan mengoptimalkan kinerja pertambangan menggunakan implementasi Cloud Computing, Big Data, Machine Learning, Artificial Intelligence, Internet of Things (IoT), Augmented Reality (AR), Autonomous Truck, Digital Twins, hingga Blockchain.

Lebih dari itu, smart mining memungkinkan kegiatan pertambangan dapat dilakukan secara aman dan nyaman melalui teknologi canggih yang terkoneksi dengan internet. Walhasil, biaya operasional bisa dimaksimalkan, pemeliharaan bisa diprediksi, memiliki kontrol lebih hingga dapat meningkatkan keamanan.

Hal ini yang semestinya diterapkan secara optimal dalam meningkatkan kinerjanya oleh perusahaan pertambangan di Indonesia, seperti Pertamina, Freeport, Kaltim Prima, Agincourt Resource, Vale Indonesia, Adaro Indonesia, Bukit Asam, ANTAM, Timah dan lainnya. Sebab, keberadaan internet cepat dan lancar ini pada akhirnya tak sekadar untuk menjawab tantangan zaman di era revolusi industri 4.0, tetapi juga untuk meningkatkan kinerja positif agar berdampak besar bagi perekonomian nasional.

KA Band dari Kacific Bisa Jadi Solusi Internet di Kawasan Susah Sinyal

pentingnya internet cepat buat warga desa dan pertambangan di kawasan susah sinyal

Sebagai solusi untuk mengatasi kesulitan akses internet di wilayah, maka pilihan terbaiknya menggunakan layanan satelit. Kenapa? Satelit merupakan alternatif terbaik untuk memenuhi kebutuhan internet di wilayah kepulauan, wilayah dengan kontur yang berbukit dan hutan serta wilayah lepas pantai.

Semakin besar kapasitas satelit semakin baik jaringan internet yang didapatkan oleh pengguna, baik itu masyarakat di desa maupun perusahaan pertambangan. Kini, masyarakat desa dan perusahaan tambang di Indonesia dapat mengandalkan layanan KA Band dari Kacific.

Kacific merupakan pelopor satelit KA Band dengan kapasitas satelit yang besar dan harga yang jauh lebih terjangkau. KA Band diperlukan karena memiliki spektrum (pita) frekuensi yang lebar, sehingga kapasitas yang dihasilkan jauh diatas frekuensi lainnya (C dan KU Band). Kapasitas satelit KA Band HTS berkisar 50 sampai 150 GBPS.

Bukan itu saja, Kacific juga mendapatkan dukungan teknologi terbaru di industri satelit saat ini, sehingga dapat menjaga kualitas jaringan dengan kecepatan yang tinggi. Dengan demikian perusahaan-perusahaan tambang maupun perkebunan dapat menerapkan prinsip industri 4.0 dan juga smart mining.

Selain itu, Kacific juga bekerjasama dengan Petro One Indonesia meluncurkan produk Bintang Broadband yang menyediakan layanan internet untuk bisnis dan rumah yang andal bagi masyarakat yang tinggal di pelosok desa. Paket yang ditawarkan bervariasi, mulai dari internet kecepatan upload 3Mbps, 10Mbps, 15Mbps dan 20Mbps dengan kecepatan download up to 100Mbps dan kuota unlimited.

Sampai sini bisa dipahami, jika peran internet cepat dan lancar bagi desa dan perusahaan tambang ternyata amatlah besar. Jangan lagi terbelenggu dengan masalah internet hanya karena tinggal di daerah pelosok maupun wilayah pertambangan. Nikmati akses internet yang lebih terjangkau, berkecepatan tinggi dan punya jaringan andal dengan layanan Bintang Broadband dari Petro One Indonesia dan Kacific dengan Satelit KA Band. Karena Kacific: Fast, Affordable, & Reliable.

[wri]

__Posted on
__Categories
Nasional