Pengguna platform Meta di Indonesia berani berekspresi menurut survei

Jakarta (ANTARA) – Hasil survei yang dilakukan oleh Meta bersama Cretivox menunjukkan bahwa pengguna muda platform media sosial Meta di Indonesia berani berekspresi dan berkreasi.

Menurut siaran pers perusahaan pada Rabu, Meta bersama Cretivox melakukan survei pada hampir 10 ribu pengguna platform Meta berusia 15 hingga 30 tahun dari berbagai provinsi di Indonesia selama Februari 2024.

Mereka juga menganalisis hasil survei dalam topik aktivisme, media sosial, fesyen dan kecantikan, kesejahteraan, interaksi sosial, kreator, dan keuangan.

“Di Indonesia sendiri, kami melihat pengguna muda menjadi salah satu penggerak tren, budaya, percakapan dan best practices di platform Meta. Mereka berani berekspresi dan berkreasi untuk membawa manfaat dan pengalaman yang positif,” kata Direktur Kemitraan Global untuk Meta di Asia Tenggara Revie Sylviana.

Berikut tujuh temuan utama dalam survei pengguna muda platform Meta di Indonesia. 

Anak-anak muda berani melakukan perubahan

Pengguna muda tidak hanya menggunakan platform media sosial untuk memajang swafoto atau memperbarui status, tapi memanfaatkannya pula sebagai ruang untuk menyuarakan isu-isu sosial.

Hasil survei menunjukkan 87 persen pengguna muda menganggap media sosial sebagai platform yang efektif untuk menyuarakan isu-isu penting.

Mereka antara lain menggunakan platform media sosial untuk mengedukasi diri sendiri dan orang lain dalam menggunakan hak pilih dalam pemilu serta meningkatkan kepedulian terhadap isu-isu yang mereka minati.

Temuan itu senada dengan laporan 2024 Instagram Trend Talk yang menunjukkan tahun ini akan menjadi tahun bagi Gen-Z untuk berperan lebih aktif berkenaan dengan isu-isu yang mereka anggap penting.

Media sosial sebagai tempat peluang baru

Sebanyak 35 persen responden survei menganggap terhubung dengan orang lain di media sosial sebagai hal yang penting karena dapat membuka peluang baru. Fitur-fitur di platform media sosial memungkinkan orang saling terhubung melalui unggahan cerita, video pendek (reels), hingga siaran langsung

Kecenderungan mengikuti kreator

Hampir 65 persen pengguna muda platform media sosial Meta cenderung mengikuti kreator yang memiliki gaya kasual. Selain itu, sebanyak 86,5 persen responden menganggap perawatan kulit sebagai bagian dari upaya perawatan diri yang penting. Namun demikian, sekitar 42,5 persen dari mereka mengakui bahwa melakukan perawatan kulit secara rutin merupakan tantangan.

Perhatian pada kesehatan jiwa

Sebanyak 42 persen pengguna muda berkeinginan meraih kesuksesan profesional, tetapi mereka juga menginginkan ketenangan pikiran dan hati. Mereka menjadikan kegiatan berselancar di media sosial sebagai salah satu upaya mengatasi stres.

Namun, pengguna muda juga menyadari pentingnya menyeimbangkan waktu interaksi daring di media sosial dengan kegiatan sehari-hari.

Rajin melakukan eksplorasi di luar dunia maya

Kreator yang rajin berbagi konten menarik menjadi elemen tak terpisahkan dari interaksi sosial yang diinginkan oleh banyak kaum muda.

Mayoritas pengguna muda memilih menghabiskan waktu dengan pergi keluar, makan-makan, dan menjelajahi tempat-tempat menarik bersama teman. Banyak dari para pengguna muda terinspirasi untuk mengeksplorasi tempat-tempat baru berkat informasi yang dibagikan oleh para kreator konten di platform Meta.

Baca juga: Media sosial jadi preferensi kaum muda saat berlibur

Terinspirasi jadi kreator

Pengguna muda mengikuti selebritas atau kreator favorit bukan hanya karena gayanya, tapi juga karena kemampuan mereka.

Selain itu, menurut survei sekitar 47 persen pengguna muda, termasuk yang berada di Provinsi Aceh, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Sulawesi Utara, ingin menjadi terkenal tetapi masih ragu karena tidak percaya diri.

Oleh karena itu, Meta menyediakan berbagai fitur untuk membantu kreator pemula mengekspresikan diri dengan cara yang lebih kreatif agar setiap konten yang dibagikan bisa menarik perhatian audiens dengan judul yang singkat, jelas, dan informatif.

Perhatian pada kondisi finansial masa depan

Sebanyak 66,5 persen pengguna muda platform Meta menyadari perlunya asuransi untuk melindungi diri dan aset pribadi dan 58 persen di antaranya memilih berinvestasi pada aset yang nilainya selalu tumbuh seperti properti. Hal itu menunjukkan kesadaran mereka akan pentingnya perlindungan finansial dan manfaat dari pertumbuhan investasi untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang.

Baca juga: Mengunggah konten kuliner di media sosial selama puasa, bolehkah?
Baca juga: Threads tambahkan skor langsung untuk pertandingan olahraga

 

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024