Pemprov Papua imbau peternak babi lakukan pemeriksaan kesehatan hewan

Jayapura (ANTARA) –

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan setempat mengimbau kepada para peternak babi di wilayahnya agar rutin melakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak guna mengantisipasi masuknya penyakit Demam Babi Afrika.

 

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Papua MP Koibur di Jayapura, Selasa, mengatakan hingga kini pihaknya masih melakukan pencegahan-pencegahan terhadap virus African Swine Fever (ASF) atau Demam Babi Afrika.

 

“Untuk itu sangat penting dilakukan pengecekan kesehatan secara berkala pada hewan ternak babi guna mengantisipasi ASF di Provinsi Papua,” katanya.

 

Menurut Koibur, hingga hari ini di Provinsi Papua tidak ditemukan virus ASF, karena pihaknya telah melakukan penutupan akses ternak dan produk olahan babi dari luar daerah.

 

“Namun para peternak serta masyarakat agar berhati-hati dalam memelihara hewan babi harus rutin memeriksa kesehatan hewan ternak,” ujarnya.

 

Dia menjelaskan sejauh ini memang ada beberapa hewan babi mati, namun bukan disebabkan oleh ASF, karena pihaknya langsung melakukan pemeriksaan jika ada hewan yang mati secara tiba-tiba.

 

“Sehingga kami meminta peternak di Bumi Cenderawasih rutin melakukan penyemprotan disinfektan di setiap kandang, untuk mencegah penyebaran virus Demam Babi Afrika,” katanya lagi.

 

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024