Pelita Jaya boyong mantan pemain NBA untuk main di BCL Asia 2024

Jakarta (ANTARA) –

Klub bola basket Pelita Jaya Jakarta memboyong mantan pemain NBA, JaQuori McLaughlin yang pernah bermain untuk tim Dallas Mavericks pada musim 2021-2022, guna memperkuat skuad untuk bertanding dalam Basketball Champions League (BCL) Asia 2024.

 

Presiden Klub Pelita Jaya Jakarta, Andiko Ardi Purnomo, membeberkan penambahan mantan pemain NBA itu diyakini akan memperkuat kedalaman skuad untuk bisa fokus membagi kekuatan, guna berkompetisi dalam ajang internasional itu sekaligus di Indonesian Basketball League (IBL)

 

“Jadi kami memakai maksimal lima slot pemain asing yang diperbolehkan dalam satu tim,” kata Andiko usai mengenalkan pemain tersebut kepada awak media di Jakarta, Rabu.

 

Lebih lanjut dia membeberkan, McLaughlin berposisi di point guard (PG) yang juga mumpuni bermain sebagai shooting guard (SG), sehingga semakin menambah daya gedor tim untuk bersaing di tingkat Asia nanti.

 

Ia menambahkan, selain pemain tersebut, Pelita Jaya juga mendatangkan satu pemain asing berdarah Amerika Serikat-Filipina, yaitu Justin Donta Brownlee yang berposisi serba bisa sebagai small forward (SF) maupun power forward (PF).

Pemain naturalisasi milik Filipina itu telah malang melintang bermain di Klub Barangay Ginebra San Miguel yang berkompetisi di Philippine Basketball Association (PBA).

 

Untuk bertarung di BCL Asia, tambah Andiko, Pelita hanya fokus untuk merebut kemenangan game by game, sehingga bisa lolos ke tahap selanjutnya.

 

Sementara itu, JaQuori McLaughlin mengatakan, dirinya senang bisa bermain di klub seperti Pelita Jaya.

 

“Ini tantangan baru bagi saya bermain disini dan berusaha untuk bermain bagus,” ujar pemain berumur 26 tahun dengan tinggi 1,93 meter itu.

 

Pelita Jaya Jakarta dan Prawira Harum Bandung akan mewakili Indonesia dalam kompetisi Basketball Champions League (BCL) Asia 2024 yang dimulai lewat babak kualifikasi di dua negara, yaitu di Ulaanbaatar Mongolia dan Jakarta Indonesia.

 

Babak kualifikasi pertama berlangsung di Ulaanbaatar Mongolia pada 3-7 April 2024, kemudian dilanjutkan pada babak kualifikasi kedua di Jakarta Indonesia, pada 23-26 April.

 

Di ajang itu, Prawira Harum Bandung dan Pelita Jaya Jakarta terpilih sebagai tim yang mewakili Indonesia karena merupakan juara dan runner up IBL 2023.

 

Dalam perjuangan di babak kualifikasi, Prawira Harum Bandung tergabung di Grup A bersama wakil dari Malaysia (NS Matrix Deers), Hong Kong (Hong Kong Eastern) dan Mongolia (runner up kompetisi di Mongolia).

 

Kemudian untuk Pelita Jaya akan bersaing mulai dari Grup B dengan wakil Thailand (Hi-Tech Basketball Club), juara kompetisi Mongolia, dan Singapura (Adroid Club).

 

Pada babak kualifikasi pertama di Mongolia, setiap tim akan bermain sebanyak tiga pertandingan. Peringkat pertama Grup A dan B akan lolos ke babak kualifikasi yang kedua di Jakarta.

 

Sementara peringkat dua dan tiga di tiap grup akan bertemu kembali secara silang, untuk memperebutkan tiket babak kualifikasi kedua di Jakarta. Dengan begitu, empat tim akan bersaing di Jakarta untuk memperebutkan tiket ke BCL Asia 2024.

 

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024