MPR apresiasi upaya diplomasi Indonesia untuk Palestina

Jakarta (ANTARA) – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi upaya diplomasi Indonesia, untuk memperjuangkan pengakuan dunia internasional terhadap Palestina.

“Terobosan yang paling tepat adalah melalui jalur diplomatik, seperti yang dilakukan oleh Menteri Luar Negeri, yang melakukan tekanan kepada negara maju untuk mengakui kemerdekaan Palestina,” katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin.

Hal itu disampaikan Bamsoet dalam kegiatan silaturahmi dan buka puasa bersama pimpinan MPR RI dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi serta perwakilan Syeikh Imam dari Palestina.

“Kami juga memberikan apresiasi yang luar biasa, baik kepada Menlu yang luar biasa memperjuangkan Palestina di forum-forum internasional atas nama rakyat Indonesia,” katanya menegaskan.

Menurut Bamsoet, Indonesia dalam berbagai pertemuan formal dan forum internasional terus menyuarakan dukungan kepada Palestina. Salah satunya, MPR bersama Forum MPR Dunia Majelis Syuyukh atau lembaga parlemen, sudah mendeklarasikan dalam bentuk deklarasi bandung mendukung kemerdekaan Palestina.

“Kami mengimbau dan mengingatkan agar dunia menyadari, betapa pentingnya kita kembali pada komitmen dalam berbangsa dan bernegara, yaitu menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan,” kata Bamsoet menegaskan.

Baca juga: Menlu: Indonesia cari jalan untuk salurkan bantuan ke Palestina

Baca juga: Indonesia harap resolusi gencatan senjata di Gaza dijalankan utuh

Pewarta: Fauzi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024