Mahasiswa Unja ciptakan sabun cuci piring dari limbah kulit nanas

Dishnas bukan hanya sekadar sabun biasa, tetapi merupakan upaya untuk memanfaatkan limbah kulit nanas dengan cara yang bermanfaat bagi masyarakat

Jambi (ANTARA) – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Jambi (Unja) Diah Fajar Ayu menciptakan inovasi sabun cuci piring dari kulit nanas untuk mengurangi limbah.

Diah Fajar Ayu di Jambi, Selasa, mengatakan sabun cuci piring berbahan dasar kulit nanas ini diberi nama Dishnas.

Pembuatan Dishnas dilatarbelakangi ketertarikannya terhadap lingkungan serta kebutuhan sabun pada saat COVID-19. Kemudian inovasi tersebut mulai terealisasikan saat Diah mengikuti lomba inovasi daerah dengan tema nanas.

Menurutnya, kulit nanas sering dianggap sebagai limbah oleh masyarakat. Namun melalui teknik dan formulasi khusus, kata dia, kulit nanas ini diubah menjadi bahan utama yang berkualitas untuk sabun.

Baca juga: Mahasiswa Unja ajarkan siswa SMK produksi biobriket dari limbah sawit

“Dishnas bukan hanya sekadar sabun biasa, tetapi merupakan upaya untuk memanfaatkan limbah kulit nanas dengan cara yang bermanfaat bagi masyarakat. Saya berharap inovasi ini dapat menjadi inspirasi untuk menciptakan produk ramah lingkungan dan bermanfaat bagi banyak orang,” katanya. 

Inovasi yang dilakukan Diah telah mendapat apresiasi luas dari berbagai pihak, termasuk kalangan industri dan akademisi. Produknya pernah diikutsertakan dalam berbagai kompetisi sehingga meraih Juara 3 Inovasi Produk Provinsi Jambi 2022 dan Juara 1 Business Innovation Plan Provinsi Jambi 2023

Selain itu karyanya menjadi Top 10 Nasional Lomba Business Innovation Plan LPDP Rl bersama Presiden RI Joko Widodo, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim, di Jakarta pada Agustus 2023.

Dosen pembimbing Unja Nurida Isnaeni mengapresiasi Diah dalam membuat inovasi sabun cuci piring dari kulit nanas.

Diketahui saat ini produk sabun cuci piring ini juga sudah dipasarkan lebih luas ke masyarakat.

Baca juga: Mahasiswa Unja ciptakan sabun organik daun kersen atasi masalah kulit
Baca juga: Mahasiswa Unja manfaatkan buah mangrove jadi bahan baku kue brownies

Pewarta: Tuyani
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024