Kiat berkendara aman dan nyaman selama musim hujan

Jakarta (ANTARA) – Para pengendara selama musim penghujan perlu meningkatkan kehati-hatian karena jalanan menjadi licin dan jarak pandang dapat menurun saat hujan turun.

Daihatsu melalui siaran persnya pada Kamis menyampaikan kiat-kiat berkendara secara aman dan nyaman selama musim hujan sebagai berikut.

Pertama, persiapkan diri. Pastikan kondisi kesehatan tubuh tetap fit. Sebaiknya membawa atau mengenakan baju hangat ketika akan berkendara.

Jangan lupa menyiapkan payung di dalam mobil untuk berjaga-jaga apabila harus turun dari kendaraan di area yang tidak tertutup atap. Siapkan pula alas kaki cadangan di dalam kendaraan untuk berjaga-jaga.

Baca juga: Beberapa kiat hindari “hydroplaning” saat musim hujan

Kedua, persiapkan kendaraan. Periksa kondisi ban. Alur ban yang masih bagus dapat meminimalisir risiko melayang di atas air (aquaplaning) dan tergelincir ketika hujan. Segera ganti jika karet ban sudah tipis.

Cek juga kondisi karet wiper. Komponen ini penting untuk menyapu air guna menjaga visibilitas ketika berkendara. Periksa wiper secara berkala, dan ganti dengan yang baru di bengkel resmi bila kondisinya sudah getas dan sapuannya tidak bersih.

Selain itu, pastikan semua lampu kendaraan berfungsi baik. Komponen ini akan sangat membantu dalam memberikan visibilitas bagi pengemudi maupun pengendara yang lain.

Baca juga: Lima rekomendasi aksesori berkendara saat musim hujan

Ketiga, fokus selama berkendara. Nyalakan lampu ketika hujan deras. Karena pandangan biasanya menjadi kurang jelas saat hujan turun, lampu kendaraan dapat membantu dan memberi tanda bagi pengendara di sekitar.

Pastikan untuk selalu menjaga kecepatan dan jarak dengan kendaraan lain agar dapat bereaksi terhadap manuver mendadak dari pengendara lain, terutama ketika menghindari genangan air, jalanan rusak, dan hambatan eksternal lain.

Jangan menyalakan lampu hazard ketika hujan, karena dapat mengganggu konsentrasi dan menyulitkan pandangan pengendara lain, khususnya pengendara di belakang yang dapat mengurangi kepekaan saat akan memperlambat, berpindah jalur, atau berbelok arah.

Bila harus melewati jalan yang tergenang, jangan panik dan tetap tenang. Gunakan gigi rendah dan revolutions per minute (RPM) yang stabil.

Jaga laju kendaraan pada kecepatan yang aman dan perlambat laju kendaraan ketika melewati genangan air untuk menghindari lubang atau mencegah cipratan air mengenai pejalan kaki atau pengendara lainnya.

“Kami berharap, lewat tips ini para pengendara dapat tetap beraktivitas dengan lebih aman dan nyaman ketika dalam kondisi hujan,” kata Deputy After Sales Service and Logistic Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation Yanuar Krisna.

Baca juga:
Libur akhir tahun, simak kiat berkendara jarak jauh saat musim hujan
Kendarai mobil listrik saat hujan, apa yang perlu diperhatikan?

Pewarta:
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024