Keyboard Android Terlalu Kecil? Begini Cara Memperbesarnya!

Suara.com – Pengguna HP Android dapat memperbesar ukuran keyboard di perangkat. Dengan memperbesar ukuran keyboard, pengguna akan lebih leluasa ketika mengetik dan terhindar dari kesalahan ketik atau typo.

Berikut ini cara memperbesar ukuran keyboard di Android:

Jika pengguna menggunakan perangkat Samsung, HP tersebut memiliki kontrol ukuran keyboard yang tersembunyi di aplikasi Pengaturan.

  • Pertama, buka Settings.
  • Klik General management.
  • Pilih Samsung Keyboard settings.
  • Klik Size and transparency.
  • Gunakan kontrol di sepanjang tepi keyboard untuk menyesuaikan ukurannya.
  • Klik Done untuk menyimpan ukuran baru.

Jika pengguna menggunakan jenis ponsel Android lainnya, pengguna juga dapat menarik keyboard dan klik ikon roda gigi untuk mengakses opsi pengaturan. Lalu, buka Preferences > Keyboard height.

Ilustrasi keyboard. [Shutterstock]
Ilustrasi keyboard. [Shutterstock]

Cara di atas adalah satu-satunya cara untuk mengubah ukuran keyboard bawaan Android di sebagian besar ponsel yang menggunakan antarmuka stock atau near-stock.

Fitur Pembesaran Android, yang tersedia melalui menu Aksesibilitas, juga tidak berfungsi dengan keyboard default. Jika pengguna mengaktifkannya dengan keyboard terbuka, pengguna hanya dapat memperbesar bagian layar yang keyboardnya tidak terlihat.

Jika pengguna tidak menyukai tampilan keyboard, maka pengguna dapat menginstal keyboard lain yang tersedia secara gratis di Google Play Store. Beberapa dapat diubah ukurannya dan mengubah pengalaman mengetik, menawarkan penggunaan satu tangan yang lebih baik atau teks prediktif yang lebih agresif.

Itulah cara mudah untuk memperbesar ukuran keyboard di HP Android.