Kemenkominfo perkuat infrastruktur SDPPI di Sulawesi Selatan

Jakarta (ANTARA) –

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memperkuat infrastruktur Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kemenkominfo di Sulawesi Selatan.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi melalui laman Kemenkominfo, Jumat, menyatakan optimistis bahwa tujuan pembangunan infrastruktur adalah meningkatkan kinerja pegawai Kemenkominfo di daerah tersebut secara berkelanjutan.

“Saya juga meminta rekan-rekan untuk memperkuat fungsi Ditjen SDPPI agar mampu menjawab tantangan kompleks dalam dunia spektrum frekuensi, memaksimalkan otomasi pengukuran untuk meningkatkan akurasi dan efisiensi manajemen ukuran,” ujar Budi di Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Makassar, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Kamis (1/2).

Baca juga: Ditjen SDPPI ajak mahasiswa kenali AI bidang spektrum frekuensi radio

Termasuk, pengembangan teknologi 5G dan 6G agar konektivitas internet di sana tidak tertinggal dari negara lain. Sebab itu menjadi komitmen seluruh jajaran Kemenkominfo.

Budi meresmikan pembangunan infrastruktur dan fasad 19 gedung kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) daerah di lingkungan Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kemenkominfo.

Di antaranya pembangunan infrastruktur tiga gedung yakni kantor UPT daerah Loka Tanjung Selor, Loka Mamuju dan Loka Manokwari. Sedangkan renovasi fasad dilakukan untuk 16 gedung yaitu kantor UPT daerah Palu, Makassar, Banda Aceh, Banjarmasin, Ternate, Batam, Palangka Raya, Pekanbaru, Pontianak, Palembang, Manado, Tangerang, Mataram, Manokwari, Jayapura, dan Pangkal Pinang.

Budi juga mengajak jajaran Direktorat Jenderal SDPPI untuk terus mengembangkan inovasi agar tetap relevan dan adaptif dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Baca juga: Menkominfo minta Ditjen SDPPI tingkatkan diseminasi informasi IMEI

Dan menjaga serta mengelola spektrum frekuensi radio di Indonesia sebagai sumber daya alam yang terbatas namun vital untuk dikelola secara baik.

“Mari bersama-sama berkolaborasi dan berinovasi, untuk menciptakan Indonesia yang semakin terkoneksi,” kata Menkominfo.

Dalam acara itu, Menkominfo didampingi Direktur Jenderal SDPPI Ismail, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Wayan Toni Supriyanto, serta Inspektur Jenderal Kemenkominfo Arief Tri Hardiyanto.

Tampak hadir, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan A Winarno Eka Putra, Kepala Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia, Penelitian Komunikasi dan Informatika Kemenkominfo Makassar Agung Harimurti.

Selanjutnya, Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Makassar Heriyanto, serta Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Manado Manuelson Jaka Jusuf. 

Baca juga: Ditjen SDPPI luncurkan inovasi baru tingkatkan pelayanan publik

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024