Kemenkominfo luncurkan katalog prangko 2024 dan prangko tahun Naga

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan PT. Pos Indonesia meluncurkan katalog prangko 2024 dan juga prangko khusus bertemakan tahun Naga Kayu sebagai cara meramaikan perayaan Imlek 2024.

Adapun untuk peluncuran katalog perangko 2024 yang disiapkan oleh Kementerian Kominfo itu juga menjadi langkah untuk membangun minat komunitas filateli semakin bertumbuh di dalam negeri.

“Hingga saat ini prangko masih menjadi media pembelajaran dan benda filateli yang disukai oleh masyarakat. Tercatat lebih dari 10 juta keping prangko yang terjual selama tiga tahun terakhir. Ini menunjukkan bahwa masyarakat masih gemar mengoleksi prangko,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menjelaskan latar belakang acara tersebut di Jakarta, Rabu.

Baca juga: PT Pos Indonesia terbitkan prangko naga sambut tahun kemakmuran

Lebih lanjut untuk peluncuran prangko Naga, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengungkapkan peluncuran tersebut dilakukan untuk meramaikan perayaan Imlek 2024 yang sebentar lagi berlangsung di Indonesia.

Meresmikan hadirnya prangko tersebut, Budi melakukan penandatanganan Sampul Hari Pertama (SHP) untuk prangko edisi spesial itu.

Ia mengatakan dengan merilis prangko tersebut, selain meramaikan hari raya yang biasanya diikuti oleh masyarakat dari etnis Tionghoa diharapkan masyarakat bisa melihat komitmen pemerintah mendukung keragaman budaya yang bertumbuh di masyarakat.

 

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menunjukkan sampul hari pertama (SHP) prangko edisi Tahun Naga di Jakarta Pusat, Rabu (7/2/2024). (ANTARA/Livia Kristianti)

“Ini adalah peluncuran prangko Shio Naga, untuk merayakan tahun naga kayu yang sebentar lagi diperingati. Ini bagian dari langkah pemerintah memberikan perhatian terhadap budaya nasional kita,” kata Budi.

Sementara itu, Direktur Utama PT. Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi menyebutkan kehadiran prangko edisi khusus seperti edisi shio memang kerap dinantikan oleh para filatelis.

Khusus untuk perilisan prangko shio naga kali ini, ia berharap dapat sejalan dengan makna dari tahun naga kayu yang penuh kemakmuran.

Baca juga: Prangko shio naga sudah tersedia
 

Tampilan koleksi prangko edisi Tahun Naga yang dirilis oleh Kementerian Kominfo dan PT.Pos Indonesia untuk merayakan Imlek 2024. Foto diambil di Jakarta Pusat, Rabu (7/2/2024). (ANTARA/Livia Kristianti)

“Peluncuran prangko ini diharapkan dapat merayakan tahun baru imlek yang dilambangkan dengan naga kayu yang bermakna tahun penuh kemakmuran dan pertumbuhan bagi semua orang,” kata Faizal.

Bagi masyarakat yang tertarik untuk melakukan pembelian baik itu katalog prangko 2024 maupun prangko edisi Tahun Naga, bisa membelinya ke kantor pos terdekat atau secara daring melalui situs web filateli.co.id

Baca juga: KPU luncurkan prangko seri Pemilu Serentak 2024
 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024