KAI Bandung siapkan 24 lokomotif-244 kereta bagi angkutan Lebaran 2024

Saat ini seluruh sarana tersebut dilakukan perawatan baik di Depo Lokomotif Bandung maupun di Depo Kereta Bandung

Bandung (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung menyiapkan 24 lokomotif, 244 kereta dan lima trainset KRDE, untuk mendukung angkutan Lebaran 2024 selama 22 hari, mulai 31 Maret sampai dengan 21 April 2024.

Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung Ayep Hanapi menyampaikan hal ini guna memastikan seluruh sarana selama masa angkutan lebaran siap beroperasi.

“Saat ini seluruh sarana tersebut dilakukan perawatan baik di Depo Lokomotif Bandung maupun di Depo Kereta Bandung,” kata Ayep di Bandung, Kamis.

Sebanyak 24 lokomotif yang siap operasi, dijelaskan Ayep, terdiri dari 10 Lokomotif seri CC 201, tiga Lokomotif seri CC 203 dan 11 Lokomotif seri CC 206, dengan perawatan sarana Lokomotif meliputi perawatan harian (Daily Check), Perawatan P1 (1 bulan), P3 (tiga bulan), P6 (enam bulan), dan P12 (12 bulan).

“Perawatan yang dilakukan di Depo Lokomotif Bandung perawatan rangka bawah meliputi perangkat bogie, perangkat pengereman, diameter roda, pengukuran keausan planes, juga perawatan rangka atas meliputi pemeriksaan komponen diesel, komponen main generator, komponen kompresor dan radiator, komponen peralatan control serta pemeriksaan Go No Goitem,” ucap Ayep.

Untuk Kereta, Daop 2 Bandung menyiapkan sebanyak 224 armada yang terdiri dari kereta kelas eksekutif, kereta kelas ekonomi, kereta makan dan kereta pembangkit, serta menyiapkan lima Train set KRDE untuk perjalan KA Feeder.

“Perawatan sarana kereta juga periodenya sama dengan lokomotif, dengan jenis perawatan yang dilakukan adalah perawatan rangka bawah dan perawatan rangka atas juga perawatan interior kereta,” ujarnya.

Ayep menjelaska lokomotif dan kereta selama masa angkutan lebaran semuanya harus siap operasi untuk melayani perjalanan 164 KA perhari dengan rincian KA Antar Kota sebanyak 44 KA, KA Perkotaan sebanyak enam KA, KA Tambahan Lebaran sebanyak 14 KA, KA Feeder KCJB sebanyak 44 dan KA Perkotaan KAI Commuter sebanyak 56 KA.

Antisipasi Daop 2 Bandung selama masa angkutan lebaran menghadapi gangguan sarana dengan melakukan penenpatan lokomotif, posko di Depo Lokomotif Bandung dan Stasiun Cibatu, menyediakan kereta pembangkit (P-500 KVA) di Depo Kereta Bandung.

“Kemudian penempatan Crane DJKA di Depo Lokomotif Bandung, penambahan personil sarana dan penempatan alat evakuasi di Depo dan PUS wilayah Daop 2 Bandung dan penambahan personil Posko dari Balai Yasa Yogyakarta. Hal ini agar bisa memberikan keamanan dan kenyamanan bagi penumpang saat lebaran 2024,” tuturnya.

Baca juga: KAI Bandung tambah 76.428 tempat duduk untuk Lebaran 2024
Baca juga: Daop 2: Pendaftaran Motor Gratis Lebaran 2024 sampai 18 April 2024

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024