Enam negara pastikan melaju ke Babak 16 Besar Piala Dunia U-17

Jakarta (ANTARA) –
Babak penyisihan grup Piala Dunia U-17 2023 Indonesia masih menyisakan satu pertandingan, tetapi enam tim sudah memastikan diri melaju ke Babak 16 Besar setelah seluruh pertandingan kedua Babak Penyisihan Grup tuntas pada Rabu (15/11).

Keenam tim tersebut adalah Spanyol, Inggris, Senegal, Prancis, Amerika Serikat dan Jerman.

Keenam tim tersebut berhasil mengumpulkan dua kemenangan dari dua laga yang telah mereka lakoni di Piala Dunia U-17 di Indonesia.

Mereka mengumpulkan total enam poin dan menyisakan satu pertandingan terakhir di babak penyisihan grup. Jumlah poin tersebut sudah lebih dari cukup untuk minimal menduduki peringkat kedua di masing-masing grup.

Dalam regulasi Piala Dunia U-17 2023, dua tim terbaik dari total enam grup yakni peringkat pertama dan kedua setelah menjalankan babak penyisihan berhak lolos ke babak 16 besar. Sisanya ada empat kursi yang akan diperebutkan tim peringkat tiga terbaik dari masing-masing grup. Mereka akan melengkapi jumlah total 16 tim yang berlaga dengan knock out system.

Spanyol berhasil menjadi pemuncak klasemen di Grup B Piala Dunia U-17, tim yang dilatih
Jose Maria Lana mengumpulkan enam poin dan belum pernah mengalami kebobolan.

Jumlah poin Spanyol diikuti Mali dan Uzbekistan yang mengumpulkan tiga poin, kedua tim tersebut berebut posisi runner up untuk lolos ke babak 16 besar.

Kemudian Timnas Inggris juga menjadi pemuncak klasemen Grup C yang meraih dua kemenangan dalam dua pertandingan mereka. Inggris akan berhadapan dengan Brasil di pertandingan terakhir.

Brasil mengincar kemenangan agar lolos ke babak 16 besar karena memiliki poin yang sama dengan Uzbekistan dengan tiga poin. Uzbekistan akan berhadapan dengan juru kunci Keledonia Baru yang kebobolan 19 kali dari dua laga di Piala Dunia U-17.

Di Grup D ada Senegal yang telah memastikan lolos karena memiliki enam poin dari dua laga. Mereka diikuti Jepang dan Argentina yang sama-sama mengantongi tiga poin dari dua pertandingan.

Senegal akan menghadapi Jepang di pertandingan terakhir dan Argentina menghadapi Polandia yang berada di dasar klasemen Grup D. Kedua tim ini berebut untuk memastikan diri lolos dengan menjadi peringkat kedua di grup tersebut.

Selanjutnya ada Amerika Serikat dan Prancis di Grup E yang memastikan diri menjadi tim yang lolos ke babak selanjutnya. Kedua tim ini mengumpulkan poin sempurna dari dua pertandingan yakni enam poin. Keduanya tidak dapat dikejar tim lain yang belum pernah meraih kemenangan yakni Burkina Faso dan Korea Selatan.

Setelah itu ada Timnas Jerman di Grup F di peringkat satu setelah mengumpulkan enam poin dari dua laga. Mereka mengalahkan Meksiko 3-1 di laga perdana dan Selandia Baru juga dengan skor 3-1. Di laga terakhir mereka menghadapi Venezuela yang posisi merek belum aman karena memiliki empat poin dari dua laga.

Posisi Venezuela bisa terancam di peringkat kedua dari Meksiko yang akan berhadapan dengan Selandia Baru di pertandingan terakhir Grup F. Meksiko memiliki satu poin masih memiliki kesempatan untuk menggeser Venezuela di peringkat kedua jika menang besar dan Venezuela kalah dari Jerman.

Baca juga: Amerika Serikat pastikan lolos ke Babak 16 besar Piala Dunia U-17
Baca juga: Jerman pastikan tiket 16 besar setelah tundukkan Selandia Baru 3-1
Baca juga: Gol tunggal Amougou bawa Prancis U-17 kunci tiket 16 besar Piala Dunia

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2023