DPD Ingin Pilih Aklamasi Airlangga Pengamat Wajar Sudah Bikin Golkar Berjaya

RM.id  Rakyat Merdeka – Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno menilai sangat wajar jika mayoritas kader dan pengurus Golkar yang memiliki hak suara dalam Musyawarah Nasional (Munas) Desember nanti menginginkan Airlangga Hartarto kembali menjadi ketua umum. 

“Airlangga Hartarto berjasa menaikkan elektabilitas Golkar pada Pemilu 2024. Prestasi AH (Airlangga Hartarto) yang bisa naikkan elektabilitas Golkar tak bisa dibantah,” kata Adi, dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (29/3/2024).

Baca juga : Bey Machmudin Pastikan Pelaksanaan Mudik di Jabar Berjalan Lancar dan Nyaman

Adi Pray bahkan menilai wajar jika mayoritas Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar menginginkan Airlangga terpilih secara aklamasi. “Sikap DPD bisa dimaknai sebagai bentuk apresiasi dan ungkapan terima kasih kepada Airlangga Hartarto terhadap prestasinya pada Pemilu 2024,” tambah Adi. 

Diketahui, partai berlambang Pohon Beringin itu berhasil keluar sebagai juara kedua Pemilu 2024. Golkar meraup 23.208.654 atau 15,28 persen suara. Hanya kalah oleh PDI Perjuangan dengan meraih 25.377.279 atau 16,27 persen suara. “Makanya cukup rasional jika DPD ingin aklamasi untuk AH,” ujar Adi. 

Baca juga : Sukses di Pemilu 2024, Airlangga Sangat Pantas Kembali Pimpin Golkar 

Menurut Adi, tak mudah bagi Golkar meraup suara maksimal pada Pemilu. Sebab, Golkar tidak memiliki kader yang bertarung dalam Pilpres 2024. Bahkan, melampaui raihan suara Gerindra dan PKB yang foto ketua umumnya sama-sama terpampang di kertas suara Pilpres. 

“Jelas itu prestasi yang layak diapresiasi karena tak mudah bagi Golkar bisa naik signifikan hasil Pemilu Legislatif karena mereka tak punya kader internal yang maju Pilpres,” sambung Adi.

Baca juga : Yahya Zaini: Airlangga Hartarto Pantas Pimpin Golkar 5 Tahun Lagi

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Golkar Lodewijk F. Paulus menyatakan bahwa para ketua DPD tingkat I meminta Airlangga Hartarto dipilih secara aklamasi pada Munas Golkar yang diselenggarakan akhir tahun ini. 

Selain itu, Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) juga menginginkan agar Airlangga Hartarto melanjutkan tugasnya sebagai ketua umum untuk periode berikutnya. Airlangga dinilai berkinerja sangat baik dan memiliki perhatian terhadap keluarga besar partai hingga ke akar rumput. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram “Rakyat Merdeka News Update”, caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.