Daftar Perusahaan Milik Crazy Rich Haji Isam dan Anak-anaknya, Total Capai Triliunan

Suara.com – Daftar perusahaan Haji Isam dan anak-anaknya disorot setelah sebuah kabar menyebutkan dua anak dari keluarga kaya-raya asal Kalimantan ini secara tiba-tiba kehilangan aset senilai Rp4,55 triliun.

Setelah sahamnya ludes, kini kekayaan kedua anak Haji Isam masih tersisa Rp1,98 triliun. Keduanya, Liana Saputri dan Johny Saputra diketahui hobi mengoleksi saham dari emiten kelapa sawit dari perusahaan Pradiksi Gunatama (PGUN).

Meski kehilangan triliunan rupiah, nominal ini hanya seujung kuku dari kekayaan Haji Isam. Pemilik nama asli Samsudin Andi Arsyad ini dikenal sebagai crazy rich di Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan.

Lini usaha batu bara Haji Isam ini tidak dibangun dalam satu malam. Bahkan Haji Isam membangun usahanya dari nol hingga sukses. Namun kini, konon katanya penghasilan Haji Isam mencapai Rp40 miliar per bulan. 

Haji Isam mulanya terjun di industri batu bara dengan bekerja di perusahaan milik warga keturunan Tionghoa-Surabaya. Masa-masa menjadi karyawan ini dimanfaatkan Haji Isam untuk belajar bagaimana menjalankan bisnis hingga akhirnya berani membuka bisnis batu-baranya sendiri. 

Kini, Haji Isam telah membangun kerajaan bisnis lewat PT Jholin Grup yang terdiri dari PT Jhonlin Baratama, PT Jhonlin Marine and Shipping, dan juga PT Jhonlin Air Transport. Tidak sampai di situ, Haji Isam bahkan mendirikan PT Jhonilin Agro Raya (JAR) Kalimantan Selatan, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang biodiesel, yang telah diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. 

Pabrik tersebut memiliki kapasitas produksi 1.500 ton per hari, dengan nilai investasi pabrik yang diperkirakan mencapai Rp2 triliun.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, hari ini saya resmikan pabrik biodiesel PT Jhonlin Argo Raya di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan,” ujar Presiden Jokowi dalam acara peresmian yang ditayangkan secara virtual, Kamis (21/10/2021) dua tahun lalu.

Meski kini dikenal sebagai pengusaha kaya, namun Haji Isam pernah berada di posisi buruh. Dia sebelumnya bekerja serabutan mulai dari menjadi pekerja perkayuan, tukang tebang, buruh muat, dan sopir angkutan, bahkan menjadi tukang ojek.

Pernah melewati berbagai fase kehidupan, membuat Haji Isam tumbuh menjadi pribadi yang rendah hati. Keluarganya dikenal sangat sederhana, termasuk kehidupan kedua buah hatinya. 

Sebuah video yang tersebar di Tiktok menunjukkan salah satu putra Haji Isam, Johny Saputra berpenampilan sangat sederhana ketika kedapatan menonton konser. Dia tertangkap kamera berdiri di hadapan panggung penyanyi Cakra Khan dengan mengenakan kaus putih polos, celana jeans, dan sepatu kets. 

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni