Citilink Bakal Beroperasi di Bandara Gatot Subroto Way Kanan

RM.id  Rakyat Merdeka – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni memberikan kabar gembira terkait perkembangan dari percepatan reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan

Fatoni mengatakan, maskapai Citilink telah menyetujui beroperasi di Bandara Gatot Subroto Way Kanan jika nantinya kembali dioperasikan secara komersil.

“Tim dari Provinsi Lampung dan Sumsel juga Way Kanan sudah sudah bertemu dengan Dirut Citilink membahas tentang penerbangan Way Kanan dan Citilink sudah tersedia pesawat yang akan beroperasi dari Halim ke Way Kanan,” kata Fatoni dalam Rapat Koordinasi Percepatan Reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan dikutip Selasa (26/3/2024). 

Baca juga : Sharp Indonesia Kembali Ajak Masyarakat Bersedekah di Bulan Suci Ramadhan

Hal ini tentunya merupakan sebuah kabar gembira bagi seluruh pihak yang memperjuangkan reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan. Direncanakan maskapai Citilink akan beroperasi selama dua kali dalam seminggu dengan rute Jakarta – Way Kanan.

“Telah disepakati dalam seminggu itu ada dua kali penerbangan dan itu pada jam yang bagus. Jadi, dari Halim jam 10.00 WIB terus langsung kembali jam 11.00 WIB lewat dari Way Kanan,” ungkapnya. 

Fatoni berharap rute penerbangan tersebut dapat segera beroperasi sebelum momen Lebaran tiba. Namun, tentunya baru bisa direalisasikan tergantung kesiapan seluruh pihak.

Baca juga : Agus Fatoni Imbau Pemda Sekitar Gencarkan Promosi Bandara Way Kanan

Fatoni meminta kesiapan seluruh pihak baik itu dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel Pemprov Lampung, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Way Kanan, Pemkab Ogan Komering Ulu (OKU), Pemkab OKU Selatan, Pemkab OKU Timur dan Pemkab Lampung Barat untuk segera melakukan pergeseran anggaran yang telah disepakati dalam MoU sebelumnya. 

“Ini yang perlu segera disiapkan dengan mekanisme pergeseran anggaran yang berasal dari Biaya Tak Terduga (BTT). Kalau BTT nggak cukup bisa ditopup dari sisa kegiatan atau bisa diambil dari uang kas yang ada, jadi dilihat dulu BTT cukup atau tidak,” jelas Fatoni.

“Kalau cukup bisa langsung dilakukan pergeseran anggaran untuk dialokasikan ke bantuan keuangan bersifat khusus ke Way Kanan dan dari Way Kanan bisa mekanisme subsidi kepada maskapai,” sambungnya.

Baca juga : Momogi Ajak Anak-Anak Belajar Berbagi Di Bulan Suci Ramadhan

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Way Kanan Saipul turut menyambut baik kabar gembira tersebut. Terkait persiapan anggaran, pihaknya telah menyiapkan khusus untuk pengoperasian Bandara Way Kanan Gatot Subroto.

“Momennya baik sekali, kalau bisa sebelum Lebaran sudah bisa melaksanakan penerbangan di Gatot Subroto Way Kanan. Soal kelebihan atau kekurangan kami sepakati bahwa anggaran di BTT sudah disediakan jika tahap satu nanti habis,” ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram “Rakyat Merdeka News Update”, caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.