Belanja COD kini bisa cek dulu, ini manfaatnya

Jakarta (ANTARA) – Fitur “membayar di lokasi pengiriman barang” atau COD kini banyak digemari oleh para pencinta belanja daring. Fitur ini pun sudah tersedia di platform belanja Shopee dan telah diperbarui pada pertengahan tahun lalu.

Shopee melakukan pembaruan pada fitur COD dengan menghadirkan COD Cek Dulu. Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan pembeli untuk dapat membuka paket terlebih dahulu dan memastikan produk yang dibeli sesuai dengan deskripsi sebelum membayar kepada kurir yang mengantar paket.

Inovasi ini dirancang untuk menuntaskan sejumlah permasalahan dari opsi pembayaran COD, dengan memberikan pengalaman belanja online yang lebih aman, personal, dan dekat dengan keinginan konsumen.

Keamanan ekstra, merupakan hal utama yang ditawarkan oleh COD Cek Dulu. Dengan memungkinkan pembeli untuk membuka paket dan memeriksa barang sebelum melakukan pembayaran, diharapkan dapat menciptakan rasa percaya yang lebih tinggi terhadap transaksi online, sekaligus mengurangi risiko pembelian barang yang tidak sesuai dengan harapan.

Baca juga: Shopee hadirkan inovasi baru untuk pengguna lewat “COD Cek Dulu”

Fitur ini tidak hanya menjadi langkah preventif, tetapi juga memberikan transparansi yang lebih baik dalam bertransaksi online. Dengan mekanisme ini, pembeli dapat dengan yakin melanjutkan pembayaran jika barang sesuai atau segera mengembalikannya jika ada ketidakcocokan.

Kemudahan tersebut menjadikan fitur COD Cek Dulu langsung diminati masyarakat hanya beberapa saat setelah diluncurkan pada pertengahan tahun lalu. Bahkan, sejumlah netizen di platform Twitter/X sudah menyarankan para pengguna Shopee untuk menjajal fitur baru tersebut karena dianggap meningkatkan rasa aman dalam bertransaksi online.

Salah satu netizen dengan akun @lnv999, menyarankan pengguna lain untuk menggunakan fitur COD Cek Dulu untuk memastikan keamanan produk yang dibeli.

“Please biasakan buat video unboxing apalagi nominalnya signifikan kaya gini. Atau coba pake COD Cek Dulu kalau di oren, lumayan buat security. Aku kemarin beli hp di official oren pake COD Cek Dulu dan alhamdulillah bener pesanannya,” ungkapnya.

Hal serupa juga diutarakan oleh akun @cinnamonrolleu, yang telah menggunakan fitur ini untuk membeli ponsel di Shopee.

“Kamu ada video unboxing nggak? Saranku beli barang yang kaya gitu mending pilih COD Cek Dulu sih nder. Kemaren aku jg beli hp di toko official Xiaomi aman pake cara ini soalnya ya kan barangnya bisa kita cek dulu, nah kalo sesuai baru bayar dan minim dinakalin kurir jg,” jelas akun tersebut.

Baca juga: Shopee ajak pengguna belanja praktis di 2.2 COD Sale

COD jadi pilihan paling favorit

Meskipun pembayaran digital telah berkembang pesat, nyatanya data BPS menyebutkan bahwa 83,11 persen masyarakat Indonesia lebih memilih metode COD untuk memastikan keamanan dan kualitas produk yang diterima. Faktor kepercayaan, kenyamanan, dan kontrol yang diberikan oleh metode ini tetap menjadi pilihan utama bagi sebagian besar konsumen.

Oleh karena itu, fitur seperti COD Cek Dulu menjadi sangat penting untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan memberikan pelayanan berkualitas di dunia belanja online.

Dengan adanya fitur inovatif seperti COD Cek Dulu, Shopee memberikan kontribusi besar dalam menciptakan ekosistem e-commerce yang lebih inklusif dan bersahabat bagi semua lapisan masyarakat.

Shopee tidak hanya memahami kebutuhan pasar, tetapi juga berkomitmen untuk meningkatkan standar pelayanan dalam industri e-commerce di Indonesia.

Dalam konteks ini, fitur terbaru dari Shopee, yaitu COD Cek Dulu, dapat dipahami sebagai respons terhadap kebutuhan konsumen yang masih memfavoritkan metode pembayaran tunai.

Faktor kepercayaan, kenyamanan, dan kontrol yang diberikan oleh COD Cek Dulu diharapkan sanggup memenuhi kebutuhan konsumen dan memberikan pelayanan berkualitas dalam bertransaksi online.

Baca juga: Mekanisme COD pada marketplace bikin untung atau buntung?

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024