Apple selidiki masalah layar sentuh pada Watch Series 9 dan Ultra 2

Jakarta (ANTARA) – Apple mengonfirmasi bahwa mereka sedang menyelidiki masalah yang memengaruhi sejumlah model Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2 dalam memo internal yang dibagikan kepada penyedia layanan resmi Apple.

Memo yang diperoleh MacRumors menyebutkan, “Beberapa pelanggan mungkin melaporkan Apple Watch Series 9 atau Apple Watch Ultra 2 mereka mengalami sentuhan palsu pada layar.”

Masalah itu dapat menimbulkan hal tidak terduga pada beberapa model Apple Watch tanpa adanya interaksi pengguna, yang dapat berupa panggilan telepon tidak disengaja, aplikasi terbuka atau tertutup tanpa perintah, atau kesulitan memasukkan kode sandi perangkat.

Dalam memo internalnya, Apple menggambarkan masalah tersebut berpotensi menyebabkan layar jam tangan terkena dampak “melompat tidak menentu” atau menampilkan tindakan lain yang tidak disengaja.

Baca juga: Simak fitur-fitur baru pada Apple Watch 9

Saat ini belum ada indikasi mengenai seberapa luas masalah atau apakah masalah muncul akibat kesalahan perangkat keras atau kesalahan perangkat lunak.

Namun, perusahaan merekomendasikan pengguna untuk memastikan Apple Watch mereka menjalankan versi watchOS terbaru, yang menyiratkan bahwa perbaikan perangkat lunak mungkin dilakukan.

Apple belum mengonfirmasi batas waktu penyelesaian atau mengomentari apakah perangkat keras yang salah dapat berkontribusi terhadap masalah ini.

Saat ini, Apple dilaporkan telah memberi tahu teknisi di penyedia layanan resmi untuk menghindari perbaikan perangkat yang terkena dampak saat penyelidikan sedang berlangsung.

Solusi sementara yang disarankan bagi pengguna yang mengalami masalah ini adalah dengan memulai ulang Apple Watch secara paksa.

Pengguna dapat melakukannya dengan menekan dan menahan Digital Crown dan tombol samping secara bersamaan setidaknya selama 10 detik, atau hingga logo Apple muncul. Demikian menurut siaran Gizmochina pada Minggu (11/2).

Baca juga: Apple dilarang jual Apple Watch series 9 dan Ultra 2 di AS
Baca juga: AS larang Apple jual jam tangan bersensor kadar oksigen dalam darah

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024