Apple kerjakan gawai lipat untuk rilis 2026-2027

Jakarta (ANTARA) – Perusahaan teknologi Apple dikabarkan tengah mengerjakan gawai foldable (lipat) pertama mereka yang disiapkan bakal rilis antara 2026 hingga 2027.

Kabar itu beredar berdasarkan informasi sumber industri dari Korea yang menyebutkan perangkat itu akan memiliki ukuran 7-8 inci dalam keadaan tidak terlipat, seperti disiarkan laman GSM Arena, Jumat (2/2) waktu setempat.

Dengan ukurannya tersebut, perangkat masa depan milik Apple itu diproyeksikan berpotensi menggeser posisi iPad mini dari portofolio perangkat mereka. Belum ada bocoran lebih rinci mengenai spesifikasi maupun karakteristik perangkat tersebut.

Baca juga: Apple akan hadirkan fitur AI generatif akhir tahun ini

Informasi internal dari pelaku industri itu juga menyebutkan bahwa dua produsen layar asal Korea Selatan yaitu Samsung Display dan LG Display telah memberi Apple sampel panel layar lipat dalam rentang ukuran masing-masing 6 inci dan 7 inci.

Meskipun demikian, jika atau ketika Apple memutuskan memproduksi gawai lipat, kemungkinan besar mereka akan memesan panel dengan Samsung Display terlebih dahulu, mengingat pengalamannya yang luas dalam memasok panel yang dapat dilipat ke Samsung Electronics.

Sementara LG Display kemungkinan akan memulai produksi massal panel lipat untuk Apple setahun setelah Samsung, jika Apple menerapkan strategi dua pemasok.

Sekitar 2028, Apple mungkin juga akan meluncurkan produk lipat berukuran 20,25 inci, yang akan diberi merek iPad atau Mac.

Bersamaan dengan kabar itu, muncul juga informasi lainnya bahwa Apple saat ini tengah mengetes iPad mini generasi terbaru yang disertai dengan layar OLED. Perusahaan yang berbasis Amerika Serikat itu mulai mengenalkan perangkat keluaran 2024 dengan layar OLED dimulai dari lini iPad Pro.

Besar kemungkinan layar OLED pada iPad mini tersebut hadir pada 2025.

Baca juga: Apple hanya uji coba fitur “sideloading” di iPhone

Baca juga: OPPO tawarkan baterai besar dan desain tipis untuk seri Find N3

Baca juga: Samsung bantah rumor tengah kerjakan ponsel lipat “mid-range”

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024