Alasan mengapa penting untuk menggunakan VPN

Jakarta (ANTARA) – Meskipun internet menawarkan banyak sekali informasi dan konektivitas, kekhawatiran tentang privasi, keamanan, dan pembatasan akses semakin meningkat.

Dalam lanskap digital yang terus berkembang ini, Virtual Private Networks (VPN) telah muncul sebagai alat yang berharga bagi individu yang ingin menavigasi kerumitan ini.
 

Namun, banyak pengguna tetap tidak yakin apakah mereka benar-benar membutuhkan VPN, banyak pula yang masih belum paham fungsi sesungguhnya dari teknologi VPN.

Baca juga: Apple TV kini dapat menggunakan VPN

Baca juga: Rusia bakal blokir layanan VPN tertentu yang mengancam keamanan
 

VPN pada dasarnya menciptakan terowongan terenkripsi yang aman antara perangkat pengguna dan internet. Ini berarti, aktivitas online pengguna mulai dari menjelajahi situs web hingga streaming konten akan tetap terlindung dari pengintaian, termasuk penyedia layanan internet (ISP), peretas, dan bahkan pengawasan pemerintah.
 

Anggap saja ini sebagai jubah tak terlihat untuk aktivitas online pengguna, yang menambahkan lapisan keamanan dan privasi ekstra.
 

Lantas, apa saja fungsi dan kelebihan menggunakan VPN? Berikut beberapa yang berhasil terangkum, dilansir laman GizChina, Senin (12/2).
 

Bebas batasan dan pemblokiran geografis
 

Bayangkan bepergian ke suatu negara dan tidak dapat mengakses situs web berita atau layanan streaming favorit karena pembatasan regional.

VPN memungkinkan pengguna untuk terhubung secara virtual ke server di lokasi lain, melewati batasan-batasan ini dan memberikan akses ke konten yang tidak tersedia di wilayah pengguna saat ini. Ini seperti memiliki paspor digital yang membuka pintu ke situs web dan platform yang sebelumnya diblokir.
 

Platform streaming juga sering kali menawarkan pustaka konten yang berbeda berdasarkan lokasi pengguna. Misalnya, film yang ingin Anda saksikan tidak tersedia di negara Anda, dengan menggunakan VPN, pengguna dapat menerobos pembatasan ini dan mengakses lebih banyak film, acara TV, dan dokumenter terlepas dari lokasi fisik pengguna.
 

Mengamankan Wi-Fi publik
 

Wi-Fi gratis di kafe, bandara, dan hotel memang nyaman, tetapi sering kali memiliki risiko keamanan. Peretas dapat dengan mudah mencegat data pengguna yang tidak terenkripsi pada jaringan ini.

VPN bertindak sebagai perisai, mengenkripsi aktivitas online dan melindungi informasi sensitif pengguna, memberi ketenangan pikiran saat menggunakan Wi-Fi publik.
 

Meningkatkan privasi
 

Di era periklanan bertarget dan pengumpulan data, melindungi privasi online menjadi lebih penting dari sebelumnya.
 

VPN membantu mendapatkan kembali privasi dengan menyamarkan alamat IP dan menganonimkan aktivitas online pengguna. VPN mencegah ISP dan entitas lain melacak kebiasaan jelajah pengguna.
 

Melindungi data sensitif
 

VPN menambahkan lapisan keamanan ekstra. Dengan mengenkripsi transmisi data pengguna, VPN mengurangi risiko pelanggaran data dan akses yang tidak sah, melindungi informasi sensitif dari penjahat siber.

Baca juga: Awas, privasi dan keamanan siber terancam saat pakai VPN

Baca juga: Pria China ditangkap setelah kantongi 1,6 juta dolar dari layanan VPN
​​​​​​​

Penerjemah: Pamela Sakina
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024