Adu Kekayaan Luhut vs Wiranto: Dianugerahi Gelar ‘Jenderal Mencla-mencle’ oleh Ganjar

Suara.com – Calon presiden nomor urut 03, Ganjar Pranowo menyinggung keberadaan para jenderalmencla-mencle’. Julukan ‘Jenderal mencla-mencle’ ternyata ditujukan ke Luhut Binsar Pandjaitan, Wiranto, dan Agum Gumelar. 

Ganjar kala menghadiri deklarasi dari purnawirawan TNI-Polri di De Tjolomadoe, Karanganyar pada Rabu (7/2/2024) turut menyinggung sikap politik ketiga Jenderal itu.

Adapun Ganjar mengkritik sikap politik ketiganya yang semula enggan mendukung Prabowo Subianto saat Pemilu 2019 atas alasan pernah dipecat dari tubuh TNI namun kini merapat ke kubu 02.

“Bahkan ada juga yang mengatakan, hei pensiunan TNI, Anda bodoh kalau pilih orang yang kita pecat. Dan orang-orang yang dulu berbicara itu sekarang berada di kubu sana. Maaf, sebagai patriot sejati, saya tidak diajari untuk mencla-mencle,” ujar Ganjar kala itu.

Kekayaan Luhut dan Wiranto yang disebut ‘mencla-mencle’

Ganjar terbilang berani menyinggung ketiga sosok tersebut.

Sebab, ketiga sosok tersebut bukan merupakan orang sembarangan.

Apalagi kedua jenderal yang disebut Ganjar, yakni Luhut dan Wiranto merupakan orang yang berpengaruh.

Harta kekayaan Luhut dan Wiranto juga terbilang fantastis jumlahnya.

Luhut yang kini menjabat sebagai  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Marves) itu terungkap punya harta yang tak jauh dari angka 1 triliun.

Adapun selaku pejabat negara, Luhut wajib melaporkan harta kekayaannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi alias KPK.

Diperoleh dari laporan Luhut, ia mengantongi harta senilai Rp 716,31 miliar.

Mayoritas nominal harta kekayaan tersebut berasal dari harta jenis tanah dan bangunan sebanyak 20 unit yang tersebar luas di Jawa Barat, Jakarta, hingga kampung halaman sang Purnawirawan TNI itu yakni Sumatera Utara.

Luhut juga menyimpan harta berjenis kendaraan bermotor senilai Rp 2,16 miliar.

Tak cukup di situ, ia mengantongi harta bergerak lainnya senilai Rp 3,38 miliar, surat berharga senilai Rp 193 miliar dan harta kekayaan berupa kas dan Setara kas sebesar Rp 252,52 miliar.

Ternyata, Luhut juga berutang sebesar Rp 12 miliar.

Meski tak sebanyak Luhut, harta kekayaan Wiranto hampir menyentuh setengah triliun.

Wiranto juga melaporkan harta kekayaannya ke KPK sebesar Rp 542,4 miliar.

Tak berbeda dengan Luhut, mayoritas nominal harta kekayaan Wiranto diperoleh dari tanah dan juga bangunan, dengan total nilai Rp 276.878.364.000 atau Rp276 miliar.

Wiranto menginvestasikan uangnya untuk membeli beberapa bidang tanah yang tersebar dari DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat hingga ke Gorontalo.

Sosok eks punggawa Partai Hati Nurani Rakyat, atau Partai Hanura ini ternyata bersih dari hutang. 

Kontributor : Armand Ilham