194.744 orang lunasi Bipih hingga pelunasan tahap II ditutup

Jakarta (ANTARA) –

Kementerian Agama melaporkan sebanyak 194.744 orang telah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) hingga pelunasan tahap II ditutup pada 26 Maret 2024.  

“Hari ini, pelunasan tahap II biaya haji jamaah reguler ditutup. Total ada 194.744 jamaah reguler yang melunasi,” ujar Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag Saiful Mujab di Jakarta, Selasa.

Jumlah yang melunasi tersebut terdiri atas 192.874 orang peserta calon haji reguler, 1.484 Petugas Haji Daerah (PHD), dan 386 Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU).  

Kuota jamaah haji Indonesia tahun ini sebanyak 221.000. Indonesia kemudian mendapat 20.000 kuota tambahan. Totalnya, 241.000 kuota, terdiri atas 213.320 peserta haji reguler dan 27.680 haji khusus.

“Artinya, masih ada sisa kuota,” kata Saiful.

Menurut dia, Kemenag masih menimbang rencana pembukaan perpanjangan pelunasan. Saat ini masih disiapkan Keputusan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah terkait kriteria jamaah berhak lunas tahap perpanjangan.

“Saat ini tercatat juga sudah ada 26.351 jamaah yang sudah melunasi tapi dengan status cadangan. Mereka akan mengisi kuota jika sampai batas akhir tahapan pelunasan masih ada yang tersisa,” kata dia.

Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) Haji Kementerian Kesehatan RI Liliek Marhaendro Susilo mengimbau kepada jamaah calon haji untuk mulai olahraga ringan secara rutin jelang keberangkatannya ke tanah suci.

“Menerapkan pola hidup yang sehat. Tiap pagi jalan atau pokoknya setiap hari lah kalau bisa usahakan rutin olahraga ringan,” ujar Liliek.

Liliek mengatakan ibadah haji merupakan ibadah yang memerlukan ketahanan fisik. Fisik para peserta calon haji akan diuji utamanya saat memasuki puncak haji hingga setelahnya.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024